Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Mendukung Helm Standar

  • Senin, 12 April 2010
  • 1389 kali
Kliping Berita

Saya sangat mendukung upaya menghelm-standarkan semua pengendara sepeda motor. Soalnya, kecelakaan lalu lintas, terutama yang dialami pengendara sepeda motor, memang sangat tinggi.

Saya pikir, untuk pengampanyean penggunaan helm standar harus dilakukan semua pihak, termasuk dalam sinetron di teve kita, masih acap ditemukan para pemeran - boro-boro menggunakan helm standar – mereka tidak menggunakan helm ketika bersepeda motor.

Tentunya, hal-hal seperti ini harus juga menjadi fokus para pembuat film. Hal tersebut juga menjadi tugas Lembaga Sensor Film (LSF) agar membabat adegan bersepeda motor tanpa helm. Pasalnya, adegan bersepeda motor tanpa helm atau menggunakan helm asal-asalan akan menjadi kampanye untuk tidak menghargai helm. Hal itu kontraporduktif  dengan upaya menghelm-standarkan pengendara sepeda motor.

Artinya, LSF atau KPI harus ”menilang” adegan berkendara sepeda motor tanpa helm atau memakai helm asal-asalan. Semoga saja dengan begitu, korban kecelakaan lalu lintas karena penggunaan helm tidak standar semakin berkurang.

Hemanto Tole,
Jl. Kali Pasir, Cikini,
Jakarta Pusat

Sumber : Kontan, Senin 12 April 2010, hal. 23. (Surat Pembaca)



­