Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Cegah Ledakan, Karet Pengaman Elpiji diganti Warna Merah

  • Senin, 06 September 2010
  • 1477 kali
Kliping Berita
Moksa Hutasoit - detikFinance
Jakarta - Pemerintah dan Pertamina akan mengganti semua karet pengaman (rubber seal) elpiji 3 kg. Karet pengaman baru ini akan dibuat sesuai standar (SNI) dan warnanya akan diganti warna merah.

Demikian disampaikan oleh Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan ketika ditemui di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (6/9/2010).

"Kami merencanakan pergantian rubber seal dari hitam ke merah yang sudah sesuai dengan standar teknis yang dilakukan," jelas Karen.

Pertamina sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian untuk pembuatan karet pengaman yang memenuhi kriteria SNI. Karet pengaman yang akan diproduksi jumlahnya mencapai 1 juta buah.

"Kita juga evaluasi tender list pengadaannya. Seluruh region sudah mengadakan rubber yang standar dan dibagikan ke SPBE (Stasiun Pengisian Bulk Elpiji) dan SPBK (Stasiun Pengisian Bahan bakar Khusus) secara gratis," kata Karen.

Karen menuturkan, untuk sementara distribusi karet pengaman berwarna merah akan disebar di wilayah Sumatera. Sementara untuk wilayah DKI, Banten, Kalimantan Barat, dan Jawa Barat, karet pengaman akan menggunakan warna hitam berkualitas bagus. "Namun selanjutnya akan diganti dengan yang warna merah," imbuhnya.

Kemudian di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara, saat ini sedang dalam tahap pengujian tender. Untuk Sulawesi, Kalimantan Tengah, Maluku, dan Papua, pengadaan karet pengaman ini akan dilakukan lewat SPBE dan dimonitor langsung oleh Pertamina.
(dnl/qom)

Sumber : detik.com, Senin 6 September 2010
Link : http://www.detikfinance.com/read/2010/09/06/135814/1435979/4/cegah-ledakan-karet-pengaman-elpiji-diganti-warna-merah



­