Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Menyoal Kualitas Papan Reklame

  • Senin, 21 Maret 2011
  • 1633 kali
Kliping Berita

Pada Rabu (16/3), hujan deras dan angin kencang melanda sebagian wilayah Jakarta. Genangan air tercipta sesaat setelah hujan mengguyur. Tidak hanya pohon tumbang, hujan deras disertai angin kencang juga menyebabkan beberapa papan reklame di Jakarta jatuh dan mengenai kendaaraan.

Kurangnya kontrol terhadap pohon-pohon besar dan daya tahan papan reklame seringkali menyebabkan kerugian bagi warga. Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) mesti segera mengaudit kualitas baja reklame di seluruh Jakarta. Akibat hujan hari Rabu kemarin, sedikitnya empat buah reklame tumbang, membuat lima buah mobil menjadi korban.

Melihat kondisi ini, P2B perlu menertibkan sampai membongkar papan yang dianggap tak layak berdiri. P2B juga perlu menggandeng pihak ahli terkait kualitas baja yang digunakan sebagai papan reklame. Hal ini sangat penting untuk mengetahui layak atau tidaknya kualitas baja yang digunakan pada reklame. Karena bisa jadi kualitas bajanya tidak sesuai standar mutu baja dan atau bisa juga pengerjaan lasnya tidak bagus sehingga mudah roboh.

Perusahaan pembuat konstruksi papan reklame diharapkan mematuhi standar P2B untuk beban reklame horizontal yaitu, 40 kilogram per meter persegi. Agar kemudian hari tidak perlu lagi ada pihak-pihak yang dirugikan akibat kualitas papan reklame yang tidak sesuai standar. Untuk meningkatkan kontrol terkait pencabutan izin sampai pemberian sangsi,P2B dan Dinas Pelayanan Pajak mesti berkoordinasi.

Mengenai tumbangnya sejumlah pohon, Dinas Pertamanan dan Pemakaman perlu antisipasi. Misalnya saja dengan patroli di wilayah yang banyak pohonnya, terutama jenis angsana, kaya, asem kranji, yang sering mudah tumbang dan juga patroli untuk mengecek pemangkasan pohon. Dinas Pertamanan juga perlu mengamati kalau saja ada pohon yang kondisinya berbahaya, misalnya karena mati, miring atau bagian bawahnya terbakar.

Masyarakat sangat mengharapkan keseriusan semua pihak untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Kerugian akibat kerusakan maupun kemacetan yang selalu mengiringi ketika terjadi cuaca ekstrem ke depan mesti mampu diminimalisasi.


Hendro Kristianto
Pondok Indah
Jakarta Selatan
Sumber : InvestorDaily.com, Minggu, 20 Maret 2011
Link : http://www.investor.co.id/suratpembaca/menyoal-kualitas-papan-reklame/8047




­