Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Anugerahkan SNI Award Ke Pengusaha

  • Senin, 18 April 2011
  • 1057 kali
Kliping Berita

Jakarta (Citra Indonesia): Badan Standardisasi Nasional (BSN) menganugerahkan penghargaan tertinggi SNI Award kepada pengusaha yang memproduksi barang ber Standar Nasional Indonesia (SNI), Nopember 2011.

Namun meski jeda waktu penyerahan award masih cukup lama, kini BSN sudah mengambil ancang- ancang sekaligus membuka pendaftaran peserta peraih award tersebut.

Demikian disampaikan Kepala BSN Bambang Setiadi, Jumat Malam (15/4/2011) di Hotel Sultan, Jakarta.  “Kami mengharapkan dalam SNI award tahun ini perusahaan- perusahaan dapat menerapan SNI  sebanyak mungkin,” kata Bambang Setiadi.

Langkah BSN ini memang harus didukung oleh semua pihak utamanya kalangan dunia usaha, untuk mendorong daya saing produk- produk industry dalam negeri. Sebab terbukti sudah bahwa industry nasional banyak yang nyaris “keok” di tengah persaingan dengan produk impor dari China pasca diberlakukannya Asean China Free Trade Agreement, sejak Januari 2010.

Standardidasi merupakan instrument bisnis yang sangat penting dalam menghadapi perdagangan bebas seperti ACFTA. Peran standar menjadi penting dalam meningkatkan kualitas produk. Untuk itulah BSN mengajak para produsen mengstandarisasikan barang/jasanya untuk ber SNI.

“Sebagai tanda penghargaan tertinggi, pemerintah memberikan anugrah SNI Award 2011 kepada para pelaku usaha/industry penerap SNI di Indonesia,” ujur Dewi Odjar Ratna Komala, Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi.

“Dalam persaingan bebas ini, bukan lagi masalah harga. Tapi mutu, jadi mau tak mau produk kita harus menerapkan standar,” tambah Dewi.

Penganugrahan SNI Award 2011 ini diberikan kepada para pelaku usaha baik barang/jasa dengan 6 katagori, yaitu para pengusaha memprodukasi barang dan jasa di tingkat Perusahaan Besar, Menegah dan kecil.

Dan pada tahun ini, dia mengharapkan ada anugrah kepada Perusahaan Jasa  tingkat Menegah dan kecil. Penilaianya dari pemakaian bahan baku, proses produksi, kemasan dan sampai manajemen ber SNI dan produk yang dihasikan juga ber SNI.

“Dalam ajang award ini bukan ajang kompetisi antar perusahaan tapi  menuntut para pengusahaan untuk meningkatkan mutu dan membantu meraka dalam meningkatkan mutu produksi meraka. Ajang ini juga tidak dipunggut biaya dan justru BSN membantu mereka untuk meningkatkan mutu.” paparnya. (dewi sukweni)

Sumber : CitraIndonesia.com, minggu 17 April 2011
Link : http://citraindonesia.com/bsn-anugerahkan-sni-award-kepada-pengusaha/




­