Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Tujuh Ribu Orang Meriahkan Kampanye Gemari Buah Indonesia

  • Minggu, 10 Juli 2011
  • 916 kali
Kliping Berita

Oleh Digital Marketing

Jakarta, 10 Juli 2011. Tujuh ribu orang tumpahruah menghadiri Jalan dan Sepeda Santai (JSS) dalam rangka program perdana kampanye Gemari Buah Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Ahmad Mukhlis Jusuf, Ketua Panitia Penyelenggara JSS di Jakarta pada hari ini(10/7). ”Mereka berasal dari alumni Himpunan Alumni IPB dan masyarakat umum yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia,” jelas Ahmad Mukhlis Jusuf yang menjabat selaku Direktur Utama LKBN Antara.

Jalan dan Sepeda Santai juga dihadiri sejumlah tokoh yang bersama-sama berjalan kaki dan bersepeda untuk mendukung kampanye Gemari Buah Indonesia.  Adapun tokoh-tokoh yang hadir diantaranya Mustafa Abubakar-Menteri BUMN, Suswono-Menteri Pertanian, Fauzi Bowo-Gubernur DKI Jakarta, Herry Suhardiyanto-Rektor IPB, Muhammad Said Didu- Ketua Umum Himpunan Alumni-IPB dan berbagai pimpinan lembaga negara, serta tokoh dari berbagai profesi, lintas generasi dan lintas agama.

Seluruh peserta Jalan dan sepeda santai mendapatkan bibit buah Indonesia seperti Jambu, Nangka, Durian, Rambutan, Mangga dan berbagai pohon buah lainnya. Untuk menyemarakkan jalan dan Sepeda santai juga diselenggarakan Pasar Tani dan Pameran produk buah lokal Indonesia.  Berbagai daerah juga turut memamerkan keanekaragaman buah yang menjadi keunggulan daerah masing-masing.  Selain itu para peserta disuguhi berbagai jenis buah di sepanjang jalan yang dilalui peserta jalan dan Sepeda Santai.

Sementara itu Muhammad Said Didu, Ketua Umum HA-IPB,  menyatakan bahwa Program Jalan dan Sepeda Santai  adalah momentum perdana untuk memberikan dorongan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama mengangkat harkat dan martabat produk dalam negeri, khususnya buah Indonesia.  “Akan ada program lanjutan yang akan dilaksanakan secara massif dan sistematis agar buah Indonesia mampu berjaya di Negeri Sendiri,” jelasnya.

Program kampanye Gemari Buah Indonesia yang akan dilaksanakan sebagai berikut:

1.   Mengusulkan adanya HARI BUAH

2.   Advokasi konsumsi buah lokal di lembaga-lembaga negara, instansi pemerintah, industri food and beverages hotel, catering, dan retailers.

3.   Mendorong penerapan SNI Buah Indonesia

4.   Mendorong penerapan standar kualitas bagi buah impor

5.   Mendorong keberpihakan kebijakan fiskal terhadap buah lokal Indonesia melalui pengenaan bea masuk lebih tinggi bagi buah impor

6.  Mendorong Pemerintah untuk memperbaiki implementasi tata niaga dan infrastruktur produksi  dan perdagangan buah.

7.  Mendorong lahirnya wirausaha baru petani dan pedagang buah lokal Indonesia dengan berbagai program.

8.  Mengembangkan kebun buah terdaftar pada Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian yang berjumlah sekitar 2000 kebun dan sudah menerapkan GAP (Good Agriculture Practise) agar punya daya saing bisnis lebih baik dan menjadi inkubator bisnis bagi wirausaha baru di bidang produksi dan perdagangan buah lokal Indonesia/

9.    Menjembatani program kemitraan pengembangan wirausaha buah dengan BUMN terkait.

10.  Mengoptimalkan lembaga-lembaga penelitian dan institusi pendidikan untuk mendorong kemitraan dan penguatan program pembentukan wirausaha baru  di bidang produksi dan perdagangan  buah.

Sumber : bisnis.com, Senin 11 Juli 2011.
Link : http://www.bisnis.com/web-inforial/corporate-action/30579-tujuh-ribu-orang-meriahkan-kampanye-gemari-buah-indonesia-





­