Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

INFO BAKOHUMAS: Pernyataan Presiden Jokowi Terkait Aksi Damai 4 November 2016

  • Sabtu, 05 November 2016
  • 2927 kali

Assalamualaikum wr.wb

 

Sebagai negara demokrasi kita menghargai proses penyampaian aspirasi melalui unjuk rasa yang dilakukan pada hari ini dengan cara-cara tertib dan damai.  Terima kasih kami sampaikan pada para ulama, para kyai, para Habaib, para ustad yang telah memimpin umatnya, yang menyejukkan hingga sampai maghrib tadi berjalan dengan tertib dan damai.

 

Tapi kita menyesalkan, kejadian bada’ isya yang seharusnya sudah bubar tetapi menjadi rusuh. Dan ini kita lihat telah ditunggangi aktor-aktor politik yang memanfaatkan situasi.

 

Sebelumnya saya telah memerintahkan wakil presiden untuk menerima perwakilan unjuk rasa yang didampingi oleh Menkopolhukam, Mensesneg, Menteri Agama, Menteri Sekretaris Kabinet, Kapolri dan Panglima TNI.

 

Dalam pertemuan itu telah disampaikan bahwa proses hukum kepada Basuki Tjahaya Purnama akan  dilakukan secara tegas, cepat dan transparan. Oleh sebab, itu saya minta para pengunjuk rasa untuk kembali pulang ke rumah masing-masing, ke daerah masing-masing dengan tertib. Biarkan para aparat keamanan bekerja menyelesaikan proses penegakan hukum seadil-adilnya.

 

Terakhir, saya mengapresiasi kerja keras aparat keamanan, yang melakukan pendekatan persuasif dalam menjaga situasi sehingga tetap kondusif, saya harap masyarakat tetap tenang dan jaga lingkungan masing-masing sehingga situasi tetap aman dan damai.

 

Terima kasih

wassalamualaikum wr.wb

 

Sumber: Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Presiden




­