Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Forum Sekretaris Utama LPNK Ristek Bahas Tiga Topik Penting

  • Senin, 25 April 2011
  • 1413 kali

Forum Sekretaris Utama Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) Ristek kembali mengadakan pertemuan di Ruang Rapat Manggala, Kantor LAPAN Pusat, Jakarta, pada Rabu siang (20/04/2011). Forum ini rutin diselenggarakan setiap satu bulan sekali dalam rangka mensinergikan program dan kegiatan di lingkungan Kementerian Ristek dan LPNK Ristek.


 
Rapat dipimpin oleh oleh Sekretaris Menteri Riset dan Teknologi, Dr. Mulyanto, M.Eng, dan dihadiri oleh Sekretaris Utama BSN, Yoes Usman Suhendar; Sekretaris Utama LAPAN, Bambang Koesoemanto; Sekretaris Utama BPPT, Jumain Appe; Sekretaris Utama LIPI, Djusman Sajuti; Sekretaris Utama BATAN, Noor Agus Salim; Sekretaris Utama Bakosurtanal, Budhy Andono Soenhadi; Kepala Biro Hukum, Organisasi, dan Humas BSN, Juliantino; serta Kepala Biro Hukum dan Organisasi Bapeten, Heddy Krishyana.

Rapat kali ini membahas tiga topik yaitu pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM), Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), serta reformasi birokrasi.

Terkait dengan pembinaan SDM, kesimpulan rapat adalah secara umum SDM di LPNK Ristek telah berumur. Program beasiswa dalam negeri perlu dipertimbangkan besarannya, agar peserta dapat melaksanakan program dengan baik.

Sementara itu, menyangkut reformasi birokrasi, forum memutuskan remunerasi agar disusun sedemikian rupa dengan mempertimbangkan tunjangan fungsional dan struktural, agar tidak terjadi trade-off. Para pejabat didorong masuk dalam salah satu jabatan fungsional tertentu atau umum, terkait remunerasi reformasi birokrasi.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Utama BSN, Yoes Usman Suhendar menyampaikan mengenai perkembangan pengelolaan reformasi birokrasi. Sampai dengan bulan Maret 2011, sudah terdapat 23 Kementerian/Lembaga yang sudah mengajukan usulan, dimana BSN termasuk salah satu diantaranya.

Terkait dengan PPID, forum memutuskan agar segera membuat SK payung PPID, menyusun daftar informasi yang dikecualikan. Forum Sesmen-Sestama akan membuat mailing list untuk berbagi informasi.

Pertemuan Forum Sesmen-Sestama Ristek berikutnya akan dilaksanakan di Kementerian Riset dan Teknologi pada bulan Mei 2011.(arf)





­