Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Hadiri The 86th Annual Conference IAPMO, BSN Sampaikan Progress Overview SNI 8153:2015

  • Kamis, 01 Oktober 2015
  • 1225 kali

Memenuhi undangan dari pihak The International Association of Plumbing and Mechanical Officials (IAPMO), Badan Standardisasi Nasional (BSN) turut berpartisipasi dalam acara The 86th Annual IAPMO Conference yang diselenggarakan pada Senin – Jumat, 28 September – 2 Oktober 2015 di Las Vegas, Amerika Serikat. Delegasi BSN yang dipimpin oleh Kepala BSN  Prof. Dr. Bambang Prasetya terdiri dari Deputi Bidang Penelitian dan Kerjasama Standardisasi (PKS) BSN, Drs. Kukuh S. Achmad, serta Kepala Pusat Perumusan Standar BSN I Nyoman Supriyatna. Turut serta dalam delegasi ini yaitu Kepala Balai Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) Sudradjat.

 

 

Di hari ke-2, Selasa, 29 September 2015, Delegasi BSN dan Kementerian PUPR mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan progress overview dari proyek kerjasama antara IAPMO dan BSN yaitu kelanjutan dari SNI 8153:2015 Sistem Plambing pada Bangunan Gedung, dalam panel diskusi yang dimoderatori oleh Dain Hansen dari IAPMO. Bambang Prasetya dalam sambutan singkatnya menyampaikan terima kasih atas dukungan dari IAPMO dan diberi kesempatan untuk sharing mengenai langkah yang sudah dilakukan dan bagaimana rencana kedepan. Adapun presentasi progress implementasi dari SNI 8153:2015 dibawakan oleh Kepala Pusat Perumusan BSN I Nyoman Supriyatna dan Kepala Balai Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Perumahan Kementerian PUPR  Sudradjat.

 

Disampaikan bahwa setelah SNI 8153:2015 ditetapkan, beberapa hal yang akan dilakukan sebagai tindak lanjut yaitu BSN bersama Kementerian PUPR akan melaksanakan Training of Trainers (ToT) pada tanggal 24-25 November 2015. Selain itu akan dilangsungkan pula sosialisasi kepada stakeholder terkait pada 26 November 2015 mendatang. Pada saat ToT diharapkan expert dari IAPMO juga bertindak sebagai Trainers.

 

Para peserta pun antusias dalam mengikuti diskusi kali ini. Beberapa pertanyaan muncul dari panel diskusi, diantaranya bagaimana implementasi dan enforcement dari SNI 8153:2015. Menanggapi hal ini, BSN menyampaikan, bahwa SNI 8153:2015 masih bersifat voluntary. Jika diberlakukan wajib, kementerian teknislah yang berwenang mengatur regulasinya, dalam hal ini adalah Kementerian PUPR. Sebagai penutup acara panel diskusi ini, Kepala BSN menyampaikan bahwa kerjasama antara BSN dengan IAPMO perlu lebih diperkuat dan ditingkatkan dalam rangka mendukung implementasi dari SNI 8153:2015. (humas/foto-foto: dok. IAPMO)




­