Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Peluang UKM Kabupaten Malang Meraih Pasar Global Dengan Standar

  • Minggu, 17 April 2016
  • 2678 kali

Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan terus melakukan upaya yang komprehensif guna meningkatkan mutu produk dengan standar. Dengan telah ditandatanganinya nota kesepahaman antara BSN dengan Pemerintah Kabupaten Malang, maka dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi para pelaku usaha dan dinas terkait di Kabupaten Malang. (14/4/2016)

 

 

Pelaku usaha di Kabupaten Malang telah mampu menjual produknya secara mandiri yang berkualitas internasional dengan cara online. Melalui e-commerce ini mereka dapat meningkatkan omset serta jaringan distribusi yang luas hingga ke beberapa negara di luar negeri. Mereka mampu bersaing dengan produk lain, walaupun tanpa bantuan dari pemerintah. Ini membuktikan bahwa pelaku usaha di Kabupaten Malang memiliki tingkat kemandirian yang baik dengan cara merubah mental dan paradigma untuk berdaya saing tinggi.

 

 

Tantangan kedepannya, pemerintah daerah harus hadir dan memberikan perhatian pada pelaku usaha yang memampu memberikan kontribusi pendapatan ekonomi di suatu daerahnya. Dengan cara memberikan insentif dan memfasilitasi para pelaku usaha khusunya UMKM. Ini diperlukan sebagai upaya pemerintah untuk mendorong perekonomian disuatu daerahnya.

 

 

Bupati Malang, Rendra Kresna menghimbau untuk menggunakan standar sesuai SNI dalam setiap upaya yang dilakukan dalam membangun Kabupaten Malang. Sehingga pada akhirnya standardisasi ini mampu menjadi sebuah budaya yang mendarah daging. “Dengan membudayanya standardisasi SNI maka secara otomatis daya saing Kabupaten Malang dapat bertarung dengan persaingan global dengan langkah yang  mantab.” Tegasnya.

 

 

Produk unggulan UMKM Kabupaten Malang dijajakan disela-sela acara Seminar Nasional Standar yang diadakan oleh Pusat Kerjasama Standardisasi BSN. Produk unggulan ini dikunjungi oleh Bupati Malang, Rendra Kresna dan Kepala BSN, Bambang Prasetya, serta para tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut. (rmy/humas)




­