Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Rebut Pasar Dunia Dengan Penerapan SNI

  • Kamis, 08 Desember 2016
  • 2015 kali

Sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang bertugas membina dan mengembangkan standardisasi di Indonesia, Badan Standardisasi Nasional (BSN) memiliki 3 amanah besar yang harus diterapkan. Pertama, agar standar itu bisa melindungi masyarakat Indonesia dari hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan, keamanan, keselamatan, pelestarian fungsi lingkungan. “Oleh karena itu, misalnya Pindo Deli menerapkan SNI 14001, atau kemudian mendapatkan SVLK, itu sebenarnya merupakan salah satu kontribusi untuk mencapai mandat pemerintah kepada BSN untuk melindungi kita semua terkait K3L,” ujar Deputi Bidang Penerapan Standar dan Akreditasi BSN, Kukuh Saefudin Achmad dalam kunjungannya ke PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills di Karawang, pada 7 Desember 2016.

 


Kedua, SNI diharapkan bisa meningkatkan daya saing produk di negeri sendiri. Amanah yang ketiga, SNI diharapkan bisa mengangkat daya saing produk nasional kita untuk bisa intervensi ke pasar global. Ketiga mandat itu yang diartikulasikan dalam UU No.20 tahun 2014 Tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian. “Untuk melaksanakan mandat tersebut, BSN butuh bekerja sama dengan para stake holder, termasuk juga dengan industri, contohnya Pindo Deli,” jelas Kukuh.

 


Dalam kunjungan ini, Kukuh beserta Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Humas BSN, Budi Rahardjo; serta Kepala Pusat Sistem Penerapan Standar BSN, Zakiyah, berkesempatan untuk melihat langsung proses produksi kertas PT Pindo Deli. Selain telah menerapkan SNI ISO 14001, beberapa produk PT Pindo Deli telah menerapkan SNI 7274:2008.

 


Presiden Direktur PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills, Hendri Gunawan mengatakan bahwa dengan menerapkan SNI, terdapat banyak manfaat yang telah dirasakan, baik dalam pemasaran lokal maupun di pasar bebas. “Termasuk untuk mengikuti tender pengadaan barang dari pemerintah,” ujar Hendri. Saat ini, PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills telah memasarkan produk-produknya ke 5 Benua. "Selain asia, market share kebanyakan ke middle east," ujar Hendri.

 


Di tahun 2014, PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills telah menjadi nominasi penghargaan SNI Award. “Untuk mendapat SNI Award, kedepannya kita akan ikut SNI Award, karena itu merupakan capaian industri, dan akan mendorong kita untuk menjadi lebih baik lagi dalam menerapkan SNI,” ujar GM Corporate Affair APP Sinarmas, Yuki Wardhana. (ald-Humas)

 

link terkait:

https://www.youtube.com/watch?v=_rGUXmltUE0





­