Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Desain Peta Jalan Harmonisasi Standar ASEAN, PED Indonesia ASEAN 2023

  • Selasa, 14 Maret 2023
  • 1144 kali

Dalam rangkaian Keketuaan ASEAN 2023 oleh Indonesia, Badan Standardisasi Nasional (BSN) diamanatkan salah satu Priority Economic Deliverables (PED) berupa Peta Jalan Harmonisasi Standar ASEAN dalam rangka mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 (Roadmap of ASEAN Harmonised Standard to Support Sustainable Development Goals (SDGs) Implementation). Dalam rangka mengidentifikasi peranan standardisasi serta identifikasi indikator pada standar internasional yang mendukung 17 SDGs Goals, BSN melaksanakan audiensi dengan Sekretariat Nasional SDGs – BAPPENAS pada Senin (13/3/2023) di Jakarta.

BSN sebagai focal point untuk ASEAN Consultative Committee for Standards and Quality (ACCSQ), perlu secara intensif berdiskusi dengan Sekretariat Nasional SDGs, karena salah satu PED BSN pada Keketuaan ASEAN 2023 sangat erat kaitannya dengan indikator pencapaian SDGs yang telah diidentifikasi oleh BAPPENAS,” tutur Direktur Sistem Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Konny Sagala.

Sejauh ini, lanjut Konny, BSN juga telah berkoordinasi dengan Sekretariat ASEAN, termasuk memaparkan potensi capaian PED Indonesia tersebut pada forum perundingan ACCSQ. BSN juga berkolaborasi dengan British Standard Institution (BSI) – UK sebagai Dialogue Partner yang memiliki kegiatan dengan isu yang bersinggungan dengan SDGs. Ke depan, peta jalan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi Product Working Group di bawah ACCSQ untuk mengharmonisasi standar yang mendukung pencapaian SDGs.

Pencapaian SDGs tidak lepas dari penyusunan dan penerapan standar di segala sektor dan lini termasuk organisasi standar internasional seperti International Organization for Standardization (ISO), juga standar sebagaimana yang ditetapkan BSN yaitu Standar Nasional Indonesia (SNI). Sebagaimana yang diutarakan oleh Manajer Monitoring dan Evaluasi Sekretariat Nasional SDGs Indonesia Kementerian PPN/Bappenas, Gantjang Amanullah bahwa, “Indikator-indikator 17 SDGs Goals adalah berupa meta data yang sudah mengikuti standar yang ditetapkan oleh PBB”.

Berbicara mengenai identifikasi standar untuk mendukung 17 Goals pada SDGs, BSN akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk identifikasi beragam standar internasional yang dipandang potensial untuk diharmonisasikan pada level ASEAN. Adapun tujuan dengan disusunnya peta jalan dimaksud adalah terciptanya harmonisasi standar pada level ASEAN yang sudah mencakup perihal keberlanjutan atau sustainability. Turut hadir dalam rapat, Analis Standardisasi Ahli Madya BSN, Aderina Uli Panggabean, serta Perwakilan Teknis lingkup Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN. (PjA – Humas)

 

Galeri Foto: BSN Desain Peta Jalan Harmonisasi Standar ASEAN, PED Indonesia ASEAN 2023