Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Program SNI Bina UMK Dorong UMKM Kabupaten Bandung Naik Kelas

  • Kamis, 12 Oktober 2023
  • Humas BSN
  • 1140 kali

Dalam rangka meningkatkan daya saing produk UMKM, Kantor Layanan Teknis Badan Standardisasi Nasional (KLT BSN) Jawa Barat bersama Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Bandung menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program SNI Bina UMK, pada Kamis (12/10/2023) yang bertempat di Aula Gedung PLUT Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kegiatan yang merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara BSN dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Republik Indonesia ini, disambut dengan antusiasme tinggi oleh UKM binaan PLUT Kabupaten Bandung yang terlihat sejak dimulainya acara untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Program SNI Bina UMK.

Kepala KLT BSN Jawa Barat, Hardiles menjelaskan langkah-langkah untuk mengakses Program SNI Bina UMK dengan mendaftarkan Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui portal Online Single Submission (OSS), dan mengisi checklist pernyataan komitmen pemenuhan Standar Nasional Indonesia (SNI), guna memperoleh hak penggunaan tanda SNI bina UMK pada produk yang dihasilkan.

Hardiles melanjutkan bahwa UMK dapat mengakses portal SNI Bina UMK melalui tautan https://binaumk.bsn.go.id dengan tujuan untuk mendapatkan akses pembinaan, pelatihan, bimbingan teknis, juga konsultasi.

“Tanda SNI bina UMK diberikan secara gratis kepada UMK dengan kategori risiko rendah pada Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI). Diharapkan melalui program ini, UMKM Kabupaten Bandung mampu meningkatkan daya saing produk sehingga dapat naik kelas,” pungkasnya.

Kegiatan berjalan secara interaktif yang memfasilitasi tanya-jawab antara peserta dengan narasumber. Selanjutnya akan dilaksanakan kegiatan verifikasi UMKM yang siap untuk menerapkan dan mendapatkan pendampingan untuk sertifikasi SNI. (Nia/Red: PjA – Humas)

Galeri Foto: Program SNI Bina UMK Dorong UMKM Kabupaten Bandung Naik Kelas




­