Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Tingkatkan Infrastruktur Mutu Indonesia, BSN dan PTB Selenggarakan Pelatihan Internal

  • Kamis, 19 Oktober 2023
  • Humas BSN
  • 1014 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerja sama dengan Lembaga Metrologi Nasional Jerman, Physikalisch-Technische Bundesanstalt (PTB) menyelenggarakan pelatihan internal bertema “International Participation” dan “Stakeholder Engagement” pada Selasa-Kamis (17/10/2023-19/10/2023) bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Pelatihan ini diselenggarakan untuk perwakilan pegawai BSN dan anggota Komite Teknis sebagai wujud kerja sama antara BSN dengan PTB guna meningkatkan Infrastruktur Mutu Indonesia dalam rangka kerja sama Pembangunan Indonesia-Jerman.

Hadir sebagai salah satu pembicara, Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo yang menjelaskan mengenai Overview of International Participation of Indonesia in the fora of Standardization and Conformity Assessment.

Berdasarkan keterangan Hendro, saat ini BSN telah mewakili Indonesia dalam 13 forum Internasional. Dalam Forum Organisasi Internasional Pengembang Standar, BSN mewakili Indonesia pada International Organization for Standardization (ISO), International Electrotechnical Commission (IEC), dan Codex Alimentarius Commission (CAC). Dari 164 Komite Teknis (Komtek) pengembangan SNI di BSN, 65 Komtek mirror dengan Technical Committee  ISO, dan 13 komtek mirror dengan Technical Committee  IEC. Serta Hendro tidak lupa menyampaikan pendekatan strategi dalam peningkatan partisipasi BSN dalam forum internasional seperti membuat komite nasioal Komite Nasional yaitu beranggotakan seluruh pemangku kepentingan, membuat rencana stategis, meningkatkan keterlibatan tenaga ahli, dll . Dalam penyusunan rekomendasi posisi Indonesia terhadap usulan pembentukan Project Committee atau Technical Committee baru, BSN juga sudah membuat Panduan Penanganan Pemenuhan Kewajiban Indonesia dalam Pengembangan standar internasional (ISO/IEC). 

Selain Hendro, pakar dari PTB Jerman, Siglinde Kaiser juga menjadi pembicara dalam pelatihan ini dengan membawakan materi mengenai product safety in europan union serta bagaimana suatu organisasi menerapkan knowledge management untuk seluruh personelnya. (hps-humas/dok foto: PjA) 

Galeri Foto: Tingkatkan Infrastruktur Mutu Indonesia, BSN dan PTB Selenggarakan Pelatihan Internal




­