Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Peningkatan Pemahaman Mengenai Adaptasi Desain Struktural Terhadap Perubahan Iklim Melalui Eurocodes

  • Senin, 16 Oktober 2023
  • Humas BSN
  • 810 kali

Dalam rangkaian kegiatan Building Construction Working Group (BCWG) ASEAN, The Enhanced Regional EU-ASEAN Dialogue Instrument (E-READI) mengadakan workshop yang bertujuan untuk mengenalkan Eurocodes dalam desain struktural terlebih adaptasinya terhadap perubahan iklim. Workshop pertama dilakuan secara online pada 23 Juni 2021 dan workshop kedua dilakukan secara hybrid pada 9-10 Oktober 2023. Workshop bertajuk 2nd EU-ASEAN Regional Workshop on Eurocodes: EU-ASEAN DIALOGUE ON EUROCODES Raising Awareness of the Eurocodes and Elaboration of Climatic Maps and Adaptation of Structural Design to Climate Change digelar di Singapura, Senin - Selasa (9–10/10/2023), dan diikuti oleh 180 delegasi (regulator, pengembang standar, perwakilan insinyur, industri, serta akademisi).

Delegasi dari Badan Standardisasi Nasional (BSN), Analis Standardisasi Ahli Muda BSN, Dina Nur Febriani mengikuti kegiatan antara lain: Pendalaman standar untuk keamanan struktural, cara mengadopsi dan penerapan Eurocodes, sharing knowledge mengenai best practice ASEAN Member State (AMS) dalam membuat desain struktural yang aman dan berkelanjutan dengan Eurocodes serta kunjungan ke Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan National University of Singapore.

Kegiatan berjalan secara interaktif dengan menyajikan sesi tanya jawab, sesi panel, dan networking. Diharapkan melalui kegiatan ini pengembangan standar infrastruktur dapat mempertimbangkan penggunaan Eurocodes baik sebagai dokumen acuan maupun sebagai sumber informasi yang memperkaya referensi standar dalam desain struktur.

Sebagai tindaklanjutnya akan direncanakan beberapa kegiatan yang meliputi workshop, pelatihan dan peningkatan kapasitas, study trip untuk para ahli ASEAN ke JRC/CEN MS, fasilitasi twinning project antara universitas-universitas AMS dalam topik-topik tertentu, serta dukungan untuk AMS dalam penjabaran Lampiran Nasional Eurocodes, kursus e-learning, sesi ahli, dan webinar untuk sektor swasta. (psippe_dnf)

 

Galeri Foto: Peningkatan Pemahaman Mengenai Adaptasi Desain Struktural Terhadap Perubahan Iklim Melalui Eurocodes




­