Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

China Tidak Ada Jualbeli Standar

  • Minggu, 24 April 2011
  • 1056 kali
Kliping Berita

Jakarta (Citra Indonesia): Di China tidak ada praktek jual-beli standar produk industri  seperti (SNI). Artinya tidak seperti di Indonesia. Di Indonesia, pengurusannya bertele-tele. Makanya perdagangan Indonesia devisit dari China.

“Di China tidak ada orang jual- beli SNI. Makanya mereka menang dari kita,” tegas Natsir Mansur, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan, Distribusi, dan Logistik Natsir Mansyur yang ditemui wartawan saat mengikuti acara diskusi di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (23/4/2011).

Pernyataan Natsir Mansur itu mengingatkan kita kepada nasib sejumlah pengusaha lokal dan asing yang kesulitan mengurus SNI. Besaran biaya per kategorinya seperti produk usaha besar, menengah dan kecil, tidak dipublis secara transparan.

Akibatnya muncullah percaloan SNI di instansi terkait. Dan  sudah banyak memakan  korban, umumnya kalangan pengusaha yang tertipu daya oleh oknum calo-calo SNI tadi.

Bahkan seorang pengusaha Korea Selatan (importir semen putih), sempat jatuh sakit, strest, dan balik ke negaranya karena kecewa mengurus SNI di Indonesia. Di mana ia menguras koceknya hingga Rp70 juta rupiah untuk mengurus SNI.

Tunggu- punya tunggu SNI dimaksud tak kunjung terbit. Alhasil puluhan ribu ton semen putih yang diimpornya dari China  dan tersimpan  di gudang, akhirnya  disita instansi terkait karena SNI yang diurusnya takkunjung terbit meski sudah diproses hampir satu tahun lamanya.Ini salah satu contoh realitas.

Untuk itulah, Natsir Mansur meminta instansi pemerintah memberikan kemudahan bagi pengusaha agar ke depan bisa bahu- membahu mendorong daya saing dan pertumbuhan industri demi mengurangi angka devisit perdagangan Indonesia dengan China. Terlebih angka devisitnya luar biasa besar.

“Defisit perdagangan Indonesia- China tahun 2010 sebesar US$5,6 miliar. Itu karena mereka (China) unggul di segala bidang komparatif. Jadi, wajar jika kita kalah dari China,” kata Natsir Mansur. (friz)

Sumber : CitraIndonesia.com, Sabtu 23 April 2011
Link : http://citraindonesia.com/china-tidak-ada-jualbeli-standar/




­