Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

P2HP Gaet 3 Asosiasi untuk Hasilkan Induk Unggul Mutiara

  • Jumat, 27 Februari 2015
  • 916 kali

Kliping Berita


Feb 27, 2015Breaking News, Perikanan0

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) melakukan kerja sama dengan 3 asosiasi terkait mutiara yakni Asosiasi Budidaya Mutiara Indonesia (ASBUMI), Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP), serta Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB), untuk penyediaan induk unggul mutiara.

“Karena induk unggul mutiara yang ada saat ini sudah mulai langka dan hal ini penting untuk keberlanjutan,” ujar Direktur Pemasaran Luar Negeri Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Ir Artati Widiarti MSi kepada citraindonesia.com di Jakarta, Jumat (27/02/2015).

Artati akui, selama ini kendala yang dihadapi petani mutiara dikarenakan dahulu tak ada batasan dan tingkatan mutu, sehingga produk yang dihasilkan bervariasi kualitasnya.

“Nah, untuk mengantipasi hal tersebut makanya disosialisasikan PermenKP yang mengatur hal tersebut ke sentra mutiara,” tandas Artati.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah menggodok Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (PermenKP) tentang pengendalian mutiara yang keluar dari Indonesia.

“Hal ini dikarenakan agar mutiara yang dieskpor memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan tingkat minimal C,” kata Direktur P2HP KKP Ir Artati Widiarti MSi kepada citraindonesia.com di Jakarta, Kamis (26/02/2015).

Perlu diketahui, usaha mutiara merupakan bisnis yang memiliki risiko tinggi, karenanya tak mudah untuk perbankan memberikan pinjaman kepada usaha mutiara.

“Saat ini pemerintah bersama ASBUMI berupaya melakukan kerja sama dengan perbankan agar mau memberikan kredit lunak kepada petani mutiara,” ungkapnya. (pemi)

Sumber : citraindonesia.com, Jumat 27 Februari 2015.
Link : http://citraindonesia.com/p2hp-gaet-3-asosiasi-untuk-hasilkan-induk-unggul-mutiara/




­