Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

World BioHazTec Kunjungi BSN

  • Senin, 27 April 2015
  • 1535 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) menerima kunjungan Delegasi World BioHazTec yang diwakili oleh Kepala World BioHazTec Theodore J. Traum, Direktur Pengelola World Bio HazTec Dan Yoong, dan Spesialis Biosafety World BioHazTec Wanny Basuki, Kamis, 23 April 2015 lalu di Kantor BSN, Jakarta.

 

Kedatangan delegasi World BioHaztec tersebut diterima oleh Kepala BSN Bambang Prasetya didampingi Deputi Bidang Penerapan Standar dan Akreditasi BSN Suprapto, Kepala Pusat Akreditasi Lembaga Sertifikasi BSN Konny Sagala, beserta jajaran staf Pusat Akreditasi Lembaga Sertifikasi BSN.

 

 

Di dalam pertemuan tersebut, Dan Yoong yang merupakan delegasi World BioHazTec memaparkan sekilas program-programnya tentang perjalanan dan kiprah lembaga tersebut di dunia internasional dan juga Indonesia. Terhitung sudah lebih dari 15 rumah sakit di Indonesia sudah diakreditasi World BioHazTec.

 

Bambang mengungkapkan, BSN menyambut baik kunjungan World BioHazTec. Karena sejalan dengan hal tersebut, BSN bersama Komite Akreditasi Nasional (KAN) tengah mengembangkan skema akreditasi Biosafety Level (BSL).

 

 

Bambang mengungkapkan bahwa pengendalian mutu suatu laboratorium atau rumah sakit yang menangani masalah mikroba menjadi sangat penting. Karena selama ini kegiatan yang berkaitan dengan mikroba belum terkontrol dengan baik. Bahkan, kerja sama internasional mensyaratkan laboratorium biologi harus mempunyai sertifikat BSL.

 

 

Ke depan, sebagai tindak lanjut pertemuan ini, ada kemungkinan lembaga World BioHazTec yang juga melayani jasa sertifikasi ini diakreditasi oleh KAN. (Ald/Ria/rmy)




­