Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Sosialisasi dan Rekruitasi SNI Award 2015 di Makassar

  • Kamis, 30 April 2015
  • 1359 kali

Untuk mengapresiasi semangat para pelaku industri yang menerapkan standar maka Badan Standarsisasi Nasional kembali mengadakan SNI Award 2015. SNI Award ialah ajang apresiasi tertinggi kepada para industri penerap SNI di Indonesia, tahun 2015 ialah kali ke 11 BSN menyelengarakan kegiatan ini. SNI Award bisa diikuti oleh para pelaku industri sektor besar, menengah, maupun kecil dan dapat masuk kedalam 10 kategori yaitu :

  1. Perusahaan/Organisasi Kecil Jasa,
  2. Perusahaan/Organisasi Menengah Jasa,
  3. Perusahaan/Organisasi Besar Jasa,
  4. Perusahaan Kecil Barang,
  5. Perusahaan Menengah Barang Sektor Pangan dan Pertanian,
  6. Perusahaan Menengah Barang Sektor Elektroteknika, Logam dan Produk logam,
  7. Perusahaan Menengah Barang Sektor Kimia dan Serba Aneka,
  8. Perusahaan Besar Barang Sektor Pangan dan Pertanian,
  9. Perusahaan Besar Barang Sektor Elektroteknika, Logam dan Produk logam
  10. Perusahaan Besar Barang Sektor Kimia dan Serba Aneka.

 



SNI AWARD merupakan penghargaan yang prestisius karena melibatkan penilaian Tim Juri independen dan profesional serta peserta tidak dipungut biaya apapun. Muti Sophira-Kepala Sub Bidang Partisipasi Masyarakat BSN mengatakan dalam paparannya bahwa melalui SNI AWARD peserta mendapat kesempatan untuk meningkatkan kompetensi di bidang penerapan standar, meningkatkan mutu sekaligus nilai tambah dan daya saing. Peserta dapat menggunakan kriteria SNI Award sebagai peningkatan kinerja organisasi/perusahaannya.

 

Tahun ini BSN bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi untuk mengajak kliennya mengikuti ajang SNI Award 2015. Bertempat di hotel D’Maleo Makassar, acara dihadiri oleh para pelaku industri yang didominasi para UKM. I Dewa Nyoman Mahendrajaya selaku Ketua DPW Mastan Provinsi Sulawesi Selatan dalam membuka acara tersebut mengatakan potensi pelaku industri di Sulawesi Selatan sangat besar, dengan adanya ajang SNI Award ini dapat dijadikan sebagai ajang berkompetisi yang sehat dalam menjaga kualitas produk yang dihasilkan.

Ada yang berbeda dari SNI Award 2015 ini dibanding tahun sebelumnya, yaitu mulai tahun ini penerima SNI Award akan mendapatkan trophy kelas platinum atau emas atau perak atau perunggu. Dengan cara seperti ini seluruh nominasi akan mendapatkan trophy dan sertifikat SNI Award sesuai dengan banyaknya poin yang didapatkan perusahaan.

 

C. Darsa selaku evaluator ketika menjelaskan mengenai kuesioner SNI Award mengatakan bahwa tidak ada ruginya jika perusahaan mengikuti ajang ini. Justru dengan mengikuti SNI Award, perusahaan akan mendapatkan banyak benefit diantaranya audit secara gratis oleh tim dari Rhenald Kasali selaku ketua evaluator SNI Award, lalu perusahaan juga akan dipromosikan melalui media elektronik, cetak, maupun online sebagai perusahaan penerima SNI Award.

 

Jadi, ayo ikuti ajang SNI Award 2015 dan jadikan perusahaan anda sebagai barometer perusahaan penerap SNI di Indonesia bagi perusahaan yang lain.(d’art)




­