Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Hasil Sidang ACCSQ Working Group on Standards and MRA (ACCSQ - WG1)

  • Senin, 15 Juni 2015
  • 1871 kali

 

Dalam rangkaian sidang ke 34 ACCSQ Working Group 1 on Standard and MRA and related meetings, Delegasi Indonesia melakukan pertemuan ACCSQ WG 1 diselenggarakan pada hari keempat dan kelima yang diselenggarakan di Siem Riep, Kambodja dari tanggal 8-12 Juni 2015.  Sidang ACCSQ WG1 dipimpin oleh  Mr Ridzwan Kasim dari Malaysia. Delegasi R I dipimpin oleh Kepala Pusat Perumusan Standar BSN, I Nyoman Supriyatna.

 

Pertemuan didahului oleh PTB – WG1 Planning Workshop pada tanggal 10 Juni 2015 untuk membahas rencana kegiatan dalam rangka bantuan PTB, Jerman terhadap ASEAN, khususnya WG1. Delegasi Indonesia yang beranggotakan Tony Sinambela (Kepala Pusat Standardisasi, Kementerian Perindustrian), Y. Kristianto Widiwardono (Pusat Perumusan Standar, BSN), Dwi Hastuti (Pusat Standardisasi dan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Asep Nurdin (Pusat Standardisasi, Kementerian Perindustrian), dan Lisa Faaz (Direktorat Industri Hasil Hutan dan Perkebunan, Kementerian Perindustrian), melakukan diskusi dalam pertemuan tersebut untuk kepentingan Indonesia. Dari pertemuan tersebut dihasilkan beberapa butir penting yang dihasilkan antara lain :

 

  1. Terkait dengan pembahasan Additional Guidelines untuk pengembangan MRA, khususnya terkait ruang lingkup MRA, pertemuan tidak dapat mencapai consensus apakah ruang lingkup MRA mencakup “..products placed in ASEAN market..” atau “..products manufactured in ASEAN..”. Oleh karena itu diputuskan agar masing-masing anggota memberikan tanggapan tertulis dalam waktu dua bulan, yaitu akhir Juli 2015, yang hasilnya akan dilaporkan Ketua ACCSQ WG1 kepada ACCSQ pada bulan September 2015.
  2. Masing-masing anggota diminta me-review draft revisi MRA Framework Agreement dan memberikan tanggapan dalam waktu 3 bulan. Draft revisi dan tanggapan akan dibahas dalam pertemuan ACCSQ WG1 berikutnya.
  3.  Perwakilan ISO menyampaiakan kegiatan ISO di kawasan Asia Pasifik, termasuk kegiatan ISO Days yang sukses diselenggarakan di Jakarta, Indonesia tanggal 3 – 5 Juni 2015.
  4. Pertemuan membahas rencana kegiatan dalam rangka kerjasama dengan EU (program EU ARISE) dan PTB, Jerman.
  5. Pertemuan membahas laporan perkembangan harmonisasi standard dan pengembangan MRA dari Product Working Group dan Task Force.
  6. Pertemuan ACCSQ WG1 berikutnya akan diselenggarakan pada bulan November 2015.

 

 

Hasil kesepakatan akan dilaporkan oleh pimpinan sidang dalam pertemuan ACCSQ pada bulan September 2015. BSN akan berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan untuk menindaklanjuti hasil pertemuan. (INS)




­