Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Aperlindo Minta Pemerintah Segera Terapkan Wajib SNI pada Lampu LED

  • Kamis, 28 April 2016
  • 1899 kali

 

Jakarta, ONENEWS.ID – John Manaopo selaku Ketua Asosiasi Perlampuan Listrik Indonesia (Aperlindo), mendesak pemerintah  segera menerapkan SNI wajib (Standar Nasional Indonesia) untuk lampu hemat energi LED (Light Emitting Diode).

 

“Hal ini sangat penting untuk menumbuhkan investasi di dalam negeri sekaligus melindungi konsumen, dikarenakan ada sekitar 60 juta rumah tangga menggunakannya, dan hampir 80 persen merupakan produk impor, hanya 20 persen yang merupakan produksi dalam negeri,” kata John Manopo di Jakarta, Selasa (26/4/2016).

 

Sebenarnya, selain penerapan SNI wajib, penyelengaraan pameran sejenis juga bisa dilakukan untuk menarik minat investasi dan menumbuhkan industri di dalam negeri.

 

“Saya sudah melayangkan surat ke Kementerian Perindustrian  3 kali untuk penerapan SNI wajib. Saya harap dalam 2-3 bulan ini sudah bisa diterapkan,” harap John.

 

Mengingat potensi pasar Indonesia cukup besar, tentunya pelaksanaan pameran Inagreentech 2016 pada 18 Mei mendatang bisa menjawab kebutuhan di dalam negeri akan lampu listik hemat energy dan ramah lingkungan.

 

Pada kesempatan yang sama, Dirut Global Expo Management (GEM) Indonesia, Baki Lee menambahkan, pameran Inagreentech 2016 ini diharapkan bisa merangsang investasi di dalam negeri. Karena dari 500 peserta yang akan tampil, tentunya tidak hanya menawarkan produk mereka akan tetapi juga bisa membangun pabriknya di dalam negeri.

 

“Saya harap dengan pameran ini akan ada peluang investasi di industri ini. Apalagi potensi pasarnya cukup besar. Dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta tentunya bukan tidak menarik bagi investor LHE berinvestasi di dalam negeri,” tandasnya. (Irv)

 

link: http://onenews.id/2016/04/aperlindo-minta-pemerintah-segera-terapkan-wajib-sni-pada-lampu-led/




­