Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kampanye Air Bersih Di World Plumbing Day 2016

  • Jumat, 27 Mei 2016
  • 2195 kali

 

Property-In.co – Kebutuhan terhadap air bersih kian hari kian besar dan penting. Kondisi lingkungan yang tak terawat ditambah dengan sistem plambing yang terkesan ala kadarnya membuat keberadaan air besih semakin sulit didapatkan.

Padahal, sistem plambing adalah salah satu sarana yang melekat dengan air. Ibarat mata uang, air dan plambing adalah dua sisi yang tak bisa dipisahkan. Air yang bersih jika dialirkan melalui sistem plambing yang tidak higienis dan baik, maka dapat dipastikan jika air yang dikonsumsi masih terkontaminasi oleh banyak kotoran.

Merujuk pada persoalan di atas, The International Association of Plumbing and Mechanical Officials (IAPMO) sebuah organisasi yang fokus pada kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan air bersih melakukan kerjasama apik dengan Badan Standardidasi Nasional (BSN) dengan merilis sistem plambing pada bangunan gedung dengan nomor SNI 8153:2015 yang disahkan pada Februari tahun lalu.

Kerjasama ini juga didukung dengan UU No. 28 tahun 2002 mengenai Bangunan Gedung serta dengan UU No. 20 tahun 2014 tentang Standardidasi dan Penilaian Kesesuaian.

Russ Chaney, CEO IAPMO dalam sambutannya mengatakan bahwa kerjasama dengan BSN merupakan langkah tepat untuk menambah keyakinan masyarakat dalam menggunakan produk-produk plambing yang sesuai dan telah bersertifikat.

“Tahun lalu kami menerapkan standarnya dan tahun ini sertifikasinya keluar dari BSN,” ujar Russ di Ritz Carlton.

Sementara itu Kepala BSN, Prof. Dr. Ir Bambang Prasetya, Msc menyambut baik perayaan acara World Plumbing Day 2016 ini dan mendukung penuh sistem plambing yang wajib bersertifikat.

Lebih rinci ia menjelaskan bahwa BSN telah mengeluarkan tiga macam sertifikat mengenai air dan bangunan yakni: Pengolahan Air, Air Limbah dan Layak Bangunan.

“Kami mengapresiasi kehadiran IAPMO yang terbukti berhasil mengembangkan sistem plambing yang baik sehingga kualitas air bersih mudah diterapkan,” kata Bambang kemudian.

Acara yang digelar di Ritz Carlton, Mega Kuningan ini juga dihadiri oleh delegasi dari Embassy USA, Kapuslitbang Pemukiman PU Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Executive Vice President IAPMO, Ken Wijaya.- #BacaMakinKaya, Aziz Fahmi Hidayat

 

Link berita:  http://www.property-in.co/kampanye-air-bersih-di-world-plumbing-day-2016/




­