Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

TINGKATKAN KUALITAS PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN, BSN MENYELENGGARAKAN EVALUASI DAN PENAJAMAN RKA BSN 2018

  • Kamis, 12 Oktober 2017
  • Prasetyo Nugroho
  • 452 kali

TINGKATKAN KUALITAS PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN, BSN MENYELENGGARAKAN EVALUASI DAN PENAJAMAN RKA BSN 2018

  • Senin, 09 Oktober 2017

Pada hari Selasa – Kamis ( 3 -5 / 10), Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan Evaluasi dan Penajaman Rencana Kerja Anggaran (RKA) BSN Tahun Anggaran 2018. Evaluasi dan Penajaman RKA BSN TA 2018 adalah evaluasi perencanaan dan penajaman program dan kegiatan yang ada dalam TOR dan RAB untuk memastikan tercapainya visi dan misi, output, outcome BSN dan eselon 1. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh eselon I, eselon II dan perwakilan Eselon III serta perwakilan Staff BSN.

Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan oleh Kepala Biro Perencanaan, Keuangan dan Tata Usaha, M. Beni Nugraha, yang menjelaskan bahwa Evaluasi dan Penajaman RKA BSN 2018 sebagai tindak lanjut rekomendasi dari Kementerian PAN-RB atas Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Instansi Pemerintah (AKIP) BSN TA 2016. Kegiatan ini sebelumnya telah melalui tahapan penelitian dan reviu oleh Biro PKT dan Inspektorat yang kemudian dilanjutkan evaluasi oleh tim panelis guna penajaman RKA BSN 2018.

Selain itu, Sekretaris Utama BSN, Dr. Puji Winarni, juga mengarahkan bahwa dalam penyusunan Term Of Reference (TOR) dan Rincian Anggaran Biaya (RAB) tahun 2018 harus memperhatikan Visi Misi BSN, Rencana Strategis BSN, Perjanjian Kinerja dan Indikator Kinerja Utama BSN dan Eselon I (Kedeputian) serta Kebijakan Pimpinan BSN.  Evaluasi ini bertujuan untuk  mengukur pemahaman dalam berorganisasi sehingga money follow program dan anggaran berbasis kinerja akan dapat terwujud. Selain itu, juga untuk memastikan penanggung jawab kegiatan (eselon 2) mengetahui secara detil kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pelaksana kegiatan (eselon 3), memastikan kegiatan dan anggaran yang akan dilaksanakan efisien dan efektif serta IKU yang berbasis SMART dan adanya sinergi kegiatan antar unit kerja di lingkungan BSN. Sehingga diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat untuk membantu pimpinan dalam menentukan fokus prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan

Kepala BSN, Prof. Bambang Prasetya juga memberi arahan bahwa kegiatan ini dapat mengacu pada motto ISO GA yaitu Open Minded (Keterbukaan) dan Agreement (Kesepakatan). Dengan prinsip keterbukaan, maka peserta dapat mudah dalam memahami, menerima masukan, saran dan kritikan sedangkan kesepakatan diperlukan dalam konsensus  untuk melakukan perubahan besar.  Diharapkan semua peserta dapat menerapkan  hal tersebut sehingga tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai.

 

Dalam Evaluasi dan Penajaman RKA ini, setiap Kepala Unit Kerja setingkat Eselon II memaparkan rencana kegiatannya di hadapan para panelis yang diketuai oleh Kepala BSN, Prof. Bambang Prasetya.  Kemudian setelah itu, dilakukan diskusi antara para panelis dan peserta kegiatan dengan unit kerja terkait untuk memberi masukan dan saran terhadap kegiatan dan anggaran unit kerja tersebut. Masukan dan saran dari para panelis dan peserta kemudian dicatat untuk menjadi pertimbangan dalam melakukan perbaikan kegiatan setiap unit kerja untuk tahun anggaran 2018. Dalam diskusi ini juga dibahas mengenai cross cutting kegiatan antar unit kerja yang diharapkan dapat menghasilkan kegiatan yang efektif dan efisien untuk pencapaian visi misi dan rencana strategis BSN dalam bidang standardisasi di Indonesia dan melayani stakeholder serta masyarakat. (hanung/pkt)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat