Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pancasila Sebagai “Leitstars Dinamis” Keberagaman

  • Sabtu, 01 Juni 2019
  • - -
  • 603 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) serta Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) melaksanakan Upacara Bendera dalam memperingati Hari Lahir Pancasila, Sabtu (01/6/19). Upacara yang dilaksanakan di lapangan upacara lantai 3 gedung BPPT, Jakarta ini dipimpin oleh Kepala BPPT, Hammam Riza.

Indonesia dengan kondisi geografis sebagai Negara Kepulauan, makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan “Tanah Air Indonesia”. Kesatuan gugusan pulau yang berada di antara dua Samudera, Pasifik dan Hindia, serta di antara dua Benua, Asia dan Australia yang semakin meneguhkan bahwa kita sebagai bangsa memiliki ruang hidup tanah-air sebagai satu kesatuan. Ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan sebagaimana dalam konsep wawasan nusantara. 

Memperingati dan merayakan Hari Kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni adalah sebuah keniscayaan. Sebagaimana dalam sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia yang disampaikan oleh Kepala BPPT selaku Pembina Upacara, Hammam Riza, “Pertama peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan “Piagam Jakarta” oleh “Panitia Kecil” tanggal 22 Juni dan Pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945. Jadi tiga peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan”. Hal terpenting di hari ini adalah pengamalan Pancasila secara simultan dan terus menerus.

“Kedua, dengan merayakan Hari Kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik” Tambah Hammam. Pancasila sebagai “Leitstars Dinamis”, Bintang Penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan Bangsa ke depan. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi Bangsa Indonesia.

Upacara ini diikuti oleh para pejabat dan pegawai di lingkungan Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim), dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, melalui peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan insipirasi dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil, dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila. (PjA/Tyo - humas)

 

 

 

 

 

 



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat