Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pasar Manis Raih Sertifikat SNI Pertama di Banyumas

  • Rabu, 17 Januari 2018
  • 2459 kali

 

Purwokerto (Antaranews Jateng) - Pasar Manis yang merupakan pasar rakyat di kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, telah meraih sertifikat Standar Nasional Indonesia, kata Bupati Banyumas Achmad Husein.

 

"Dengan Setifikat Pasar Rakyat SNI 8152-2015, menjadikan Pasar Manis sebagai percontohan untuk pasar lainnya yang ada di Banyumas," katanya saat menyerahkan sertifikat SNI untuk Pasar Manis kepada Kepala Unit Pelaksana Teknis Pasar Manis Lilik Gunawan di Purwokerto, Senin.

 

Ia mengatakan Pasar Manis mempunyai nilai sejarah karena peletakan batu pertama dan peresmiannya dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

 

Oleh karena itu, kata dia, sangat layak kalau Pasar Manis Purwokerto menjadi pasar tradisional pertama di Banyumas yang bersertifikat SNI.

 

Dia mengharapkan setelah meraih sertifikat SNI, retribusi Pasar Manis tidak lagi dilakukan secara manual melainkan menggunakan kartu pembayaran nontunai atau kartu debet agar mudah terkontrol.

 

"Inti sari SNI adalah untuk melindungi konsumen, terwujudnya pasar yang dapat dipercaya sehingga konsumen merasa aman, nyaman, dan terlindungi," katanya.

 

Dia mengatakan sertifikat SNI menjadi sebuah kebanggaan di tengah pembenahan yang terus dilakukan selama ini dan diharapkan pasar-pasar lainnya di Banyumas ke depan dapat berstandar SNI pula.

 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengapresiasi para pelaku dan pedagang pasar yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli.

 

Menurut dia, hal itu merupakan salah satu upaya untuk memberdayakan ekonomi kerakyatan dan diharapkan ada wujud peningkatan pelayanan serta timbul kesejahteraan masyarakat.

 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas Yunianto mengatakan pasar yang mendapatkan sertifikasi sudah melewati beberapa syarat teknis yang meliputi aspek ruang dagang, aksesibilitas dan zonasi, penyediaan area parkir, serta area bongkar muat barang.

 

Menurut dia, pengajuan pasar agar bersertifikat SNI tidak hanya untuk pasar yang ada di kota tetapi juga di desa-desa yang saat sekarang terus direvitalisasi.

 

"Kami berharap ekonomi kerakyatan dapat tumbuh dan berkembang secara menyeluruh," katanya.

Pewarta : Sumarwoto        

Editor: Mahmudah

 

Link: https://jateng.antaranews.com/berita/187864/pasar-manis-raih-sertifikat-sni-pertama-di-banyumas

 

Berita terkait:

 

http://banyumasnews.com/99194/pasar-manis-purwokerto-bersertifikat-sni/

http://www.mediaindonesia.com/news/read/140868/pasar-manis-raih-standar-nasional/2018-01-16

http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/01/15/p2lbmv423-pasar-manis-purwokerto-kantongi-sertifikat-sni




­