Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Tingkatkan Daya Saing Produk Perikanan dengan Standar

  • Jumat, 23 Februari 2018
  • - -
  • 698 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyelenggarakan Rapat Komite Nasional (Komnas) Codex Indonesia pada Kamis (22/2/2018) di Kantor KKP, Jakarta.

Menteri KP Susi Pudjiastuti dam sambutan yang dibacakan Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Nilanto Perbowo menyampaikan, peran Komnas Codex Indonesia dalam berbagai forum Codex Alimentarius Commission (CAC), saya nilai menjadi salah satu yang sangat relevan terutama dalam perumusan, pengawalan dan penerapan standar mutu dan keamanan pangan.

Momentum ini sangat penting untuk memperjuangkan kepentingan Indonesia dalam upaya peningkatan daya saing produk hasil perikanan ditengah persaingan kita dengan negara lainnya.

CAC yang merupakan forum bentukan dua lembaga PBB yaitu FAO dan WHO berperan penting dalam perancangan standar pangan untuk memastikan penerimaan konsumen internasional dalam hal mutu dan keamanan pangan serta menunjang praktek perdagangan yang adil. Standar Codex disusun berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah sehingga standar Codex berkontribusi untuk menjamin kesehatan umat manusia dalam hal penyediaan pangan yang aman serta menurunkan hambatan perdagangan dan proteksionisme

Prinsip-prinsip yang dimiliki Codex ini seyogyanya menjadi acuan dalam operasionalisasi Codex Indonesia. Standar Codex seyogyanya diacu penerapannya ke dalam kebijakan dan regulasi strategis nasional di bidang standardisasi pangan ataupun regulasi teknis. "Hal ini karena kita telah terlibat aktif dalam penyusunan dan perumusannya, Harapannya produk kita dapat lebih mudah diterima di masyarakat internasional serta menjadi tuan rumah di pasar domestik," kata Susi.

Senada dengan Menteri KP, Kepala BSN Bambang Prasetya dalam kesempatan tersebut mengatakan, Komnas Codex siap mendukung program-program KKP, terutama bagaimana meningkatkan ekspor produk perikanan melalui penerapan standar.

Dalam Rapat yang dipimpin Kepala BSN dan Dirjen PDSPKP KKP ini juga dihadiri Vice Chair CAC dari Indonesia Prof. Purwiyatno Hariyadi, Ketua GAPMMI Adhi S. Lukman, serta Anggota Komnas Codex dari berbagai Kementerian/Lembaga.(ria-humas)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat