Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pemerintah Akan Terapkan Standardisasi Produk Hilir

  • Kamis, 11 Juni 2009
  • 2460 kali
Kliping Berita

RAMAI-RAMAI soal produk rumah tangga berbahan melamin yang berbahaya mendorong Pemerintah bakal menerapkan standardisasi beberapa produk hilir Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan jasa impor, termasuk di antaranya emas dan perhiasan. Selain itu, beberapa produk inovatif juga wajib ikut standardisasi.

Alasannya, sejauh ini, kesadaran masyarakat atas kualitas dan standar barang-barang impor masih sangat kurang. ”Ini demi kesehatan pengguna,” kata Deputi Menteri Koordinator Ekonomi Edy Putra Irawady, Rabu (10/6).

Pemerintah berharap, standardisasi ini akan mampu menghambat masuknya produk tidak berkualitas dan produk palsu ke pasar dalam negeri. Tapi, kebijakan itu tidak bertujuan membatasi impor barang.

Sayangnya, hingga kini, pembuatan standar itu masih terhambat minimnya lembaga sertifikasi, khususnya produk UMKM yang berasal dari sektor pertanian. Sedangkan untuk sektor jasa, Pemerintah akan menerapkan standardisasi lebih ketat untuk jasa keuangan, perdagangan, dan transportasi seperti pelayanan maskapai penerbangan.
 
Uji Agung Santosa 

Sumber : Kontan, Kamis 11 Juni 2009



­