Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

25 Perwakilan NQI Negara Anggota ASEAN Hadir di FGD SNI

  • Kamis, 06 Februari 2020
  • Humas BSN
  • 1239 kali

Dalam rangka meningkatkan keberterimaan produk Indonesia khususnya, dan ASEAN pada umumnya di pasar Uni Eropa, Lembaga Metrologi Nasional Jerman, Physikalisch-Technische Bundesanstalt (PTB) membuat sebuah inisiatif pelatihan melalui e-learning mengenai SNI. Dalam rangka pelaksanaan e-learning dimaksud, PTB Jerman mengunjungi BSN bersama 25 perwakilan National Quality Infrastructure (NQI) Negara Anggota ASEAN pada Rabu, 5 Februari 2020 di kantor BSN, Jakarta. 

Di sela-sela kegiatan, terdapat sesi Focus Group Discussion (FGD) dan sharing knowledge antar peserta rapat mengenai penerapan SNI wajib dan sukarela. BSN sebagai garda terdepan NQI Indonesia dan memiliki peran strategis dalam hal pengembangan standar, akreditasi Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) sebagaimana yang disampaikan oleh Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran BSN, Hastori, sehingga NQI di regional ASEAN perlu untuk terus ditingkatkan salah satunya melalui sharing knowledge dan FGD. Dalam kesempatan yang sama, Hastori menyambut 25 perwakilan NQI ASEAN dan PTB Jerman yang diwakili oleh para ahli standar PTB diantaranya Graham Talbot, Heike Koch, Siglinde Kaiser, dan Barbara Frisch.

Kedepannya, e-learning mengenai SNI dapat terus dimanfaatkan sebagai metode untuk peningkatan pemahaman bagi pemangku kepentingan di ASEAN juga dunia. Turut hadir Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran Termoelektrik dan Kimia BSN, Ghufron Zaid dalam acara tersebut. (PjA – Humas).