Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Upayakan Peningkatan Pelayanan Laboratorium SNSU

  • Kamis, 09 Juli 2020
  • Humas BSN
  • 667 kali

Setelah dibukanya kembali layanan Badan Standardisasi Nasional (BSN) karena adanya pandemi Covid-19, Kepala BSN, Kukuh S. Achmad melakukan kunjungan ke Laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) BSN di Kawasan Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan pada Rabu (08/07/2020) untuk meninjau kondisi terkini dari SNSU BSN.

Kepala BSN menyoroti kondisi layanan metrologi yang merupakan layanan SNSU BSN di masa pandemi Covid-19 ini, karena masyarakat mungkin bisa terdampak dan berpengaruh pada aktivitas pengukuran ini. “Jika kemudian traceability suatu pengukuran itu berhenti karena tidak bisa dilakukan rekalibrasi dan sebagainya, maka ini akan berpengaruh ke Indonesia, karena secara tidak langsung mempengaruhi menurunnya produktivitas,” ungkapnya. Maka dari itu, SNSU agar dapat melakukan berbagai upaya dalam memastikan kendala apa yang dihadapi dan bagaimana cara mengatasinya, karena tugas SNSU adalah untuk terus dapat memastikan ketertelusuran secara nasional.

Lebih lanjut, Kukuh mengungkapkan harapannya bahwa SNSU harus lebih kuat. “Tugas BSN melalui SNSU adalah memastikan traceability atau ketertelusuran dalam skala nasional itu tersedia. Dan yang masih menjadi PR yang penting untuk kita adalah untuk mengetahui kebutuhan nasional kita itu seperti apa,” tutur Kukuh. Saat ini BSN juga tengah membangun gedung baru, dengan mempersiapkan peralatan-peralatan baru, ini merupakan komitmen untuk membuat SNSU lebih baik.

Dalam kesempatan ini, Kepala BSN juga meninjau perkembangan pembangunan gedung baru Laboratorium SNSU yang terletak di kawasan Puspiptek, Serpong. Pembangunan gedung ini ditujukan sebagai laboratorium SNSU bidang biologi, radiasi dan peralatan kesehatan dan perluasan laboratorium metrologi fisika dan kimia.

Pada kunjungan kali ini, Kepala BSN didampingi oleh Sekretaris Utama BSN, Puji Winarni; Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran BSN, Hastori; Direktur SNSU Mekanika, Radiasi dan Biologi BSN, Agustinus Praba Drijarkara; Direktur SNSU Termoelektrik dan Kimia BSN, Ghufron Zaid; dan Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi BSN, Donny Purnomo. (Tyo-Humas)

 

Galeri Foto: BSN Upayakan Peningkatan Pelayanan Laboratorium SNSU