Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kepala BSN Hadiri Peringatan HAKTEKNAS Ke-25

  • Senin, 10 Agustus 2020
  • Humas BSN
  • 682 kali

Setiap tanggal 10 Agustus diperingati sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS). Pada tahun ini, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) menyelenggarakan peringatan HAKTEKNAS yang ke-25 dengan tema "Inovasi Indonesia sebagai Solusi". Acara ini dilangsungkan di Auditorium B.J. Habibie, Jakarta pada Senin (10/8/2020).

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad turut hadir dalam peringatan HAKTEKNAS yang juga dihadiri oleh Wakil Presiden RI, K.H. Ma'ruf Amin secara virtual, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, juga pimpinan dari Lembaga Pemerintahan Non Kementerian (LPNK) yang berada dibawah koordinasi Kemenristek/BRIN seperti BPPT, BAPETEN, BATAN, BIG, LIPI, dan LAPAN.

Menteri Ristek/BRIN, Bambang Brodjonegoro menyampaikan, Peringatan HAKTEKNAS ke-25 ini fokus menampilkan kontribusi keunggulan riset dan inovasi kita untuk kemandirian bangsa Indonesia. "Menjadi tekad kita semua untuk mewujudkan Indonesia yang mandiri, maju, dan sejahtera," ujarnya.

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin mengungkapkan, bahwa peringatan HAKTEKNAS yang ke-25 ini dapat menjadi jawaban dalam kemandirian bangsa dalam menghadapi tantangan yang ada, khususnya di tengah masa pandemi Covid-19.

HAKTEKNAS ini juga momentum penting untuk meningkatkan inovasi dalam negeri. "Kunci utama penguatan inovasi adalah adanya sinergi "Triple Helix" yang baik antara pihak-pihak yang terkait dalam inovasi, seperti peneliti, inovator, akademisi, pelaku usaha, dan pemerintah," ungkap Wapres.

Peringatan Hakteknas ke-25 ini sekaligus menjadi peluncuran program 100 Desa Berinovasi yang merupakan program kolaborasi antara Kemenristek/BRIN dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Selain itu, ada juga peluncuran katalog/website e-katalog produk inovasi di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), serta Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial (Artificial Intelligence).(Tyo-Humas)

 

Galeri Foto: Kepala BSN Hadiri Peringatan HAKTEKNAS Ke-25