Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kopi Lokal Menuju Pasar Internasional

  • Kamis, 27 Agustus 2020
  • dedi dedi
  • 805 kali

Kopi Lokal Menuju Pasar Internasional

KLT-BSN Wilayah Sumatera Selatan membina UKM

 

Hari masih gelap ketika kami - KLT Wil. Sumsel - meninggalkan kota Palembang, menelusuri jalan tol arah indralaya, dan kurang lebih 2 jam perjalanan sampailah kami di kota prabumulih, kendaraan kami membelah jalanan pasar lokal yg mulai ramai, singgah sesaat untuk sholat subuh di sebuah masjid besar, perjalanan kami lanjutkan menuju kota muara enim selama 2 jam yang memiliki produk unggulan berupa karet dan sawit. Tiga jam berikutnya sampailah kami di kota Lahat dimana UKM binaan sudah menanti untuk mendapatkan pencerahan dan pembinaan dari KLT BSN.

 

Menarik jika mengikuti sejarah UKM Kopi yang berada di Kota Lahat ini yang sudah menjadi binaan BSN sejak Desember 2018.

 

Dengan merek dagang Bola Dunia, UKM Produk kopi ini sudah sejak 1983 sudah berproduksi, dan produknya banyak di pasarkan di wilayah Sumatera bagian selatan, bahkan pada tahun 2015 kopi Bola Dunia sudah ada permintaan cukup besar dari perusahaan dari Singapore, Namun ketika produk nya sudah ada di pelabuhan oleh otoritas pelabuhan di Singapore di hadang dengan permasalahan, apakah produknya sudah ber standar,  standar apa yang digunakan, dan itu harus dibuktikan dengan Sertifikat pemenuhan standar. Singkat cerita, akhirnya produk kopi Bola Dunia harus ditarik kembali ke Sumatera Selatan melalui pelabuhan batam.
CV. Bola Dunia selaku pemilik merk dagang Kopi Bola Dunia, menghadapi permasalahan ini tidak putus asa dan mencari informasi terkait penerapan standar tersebut melalui internet dan berdiskusi dengan pengusaha kopi yang sudah banyak bergerak di wilayah Sumbagsel tersebut, ada 2 pilihan yang menurut pemilik perusahaan yang dapat dia simpulkan.

  1. Menjadi pemasok bahan baku kopi untuk perusahaan Malaysia yang suda menerapkan standar Malaysia atau “MS Standar”
  2. Menjadi produsen kopi dengan Brand “Bola Dunia” dengan Standar Nasional Indonesia (SNI)

 

Ternyata setelah dipertimbangkan secara ekonomi dan Nasionalisme serta aspek lainya CV. Bola Dunia memilih untuk tetap menggunakan merk “Bola Dunia” untuk produk kopi nya dan berusaha mendapatkan sertifikat penggunaan Tanda SNI.

 

Desember 2018 pemilik CV. Bola Dunia, secara khusus menemui Kepala Kantor Layanan Teknis BSN wilayah Sumatera Selatan (KLT-BSN SumSel) yang pada saat itu dijabat oleh Hariyanto dan mengajukan diri sebagai UKM yang siap dibina untuk mendapatkan sertifikasi SNI untuk produk Kopi bubuk.

 

Dengan Slogan Kopi Lokal Menuju Pasar Global, CV. Bola Dunia menggunakan merk Bukit Serelo yang merupakan ciri khas kota lahat, sebagai merek dagang kedua.

 

 

PROFIL PERUSAHAAN

Nama UMKM : CV. Bola Dunia

Alamat : Jl. Karanganyar - Lahat

Legalitas : NIB, PIRT, SIUP, NPWP,

Merek dagang   : “Bukit Salero”

Tahun Pendirian : 1980

Jenis Usaha : Pangan

Jenis Produk : Kopi Bubuk

Merek Produk : Bukit Serelo

SNI : SNI 01-3542-2004

Kapasitas produksi/tahun : 124 ton/tahun

Jangkauan pemasaran : Lokal dan nasional

Sertifikat : Halal

 

 

Pada tanggal 12 juni 2019 merek dagang di ganti menjadi “Bukit Serelo” karena merek bola dunia di tolak oleh HKI

Kemudian sejak Juni 2019 sudah diberikan bimbingan terkait proses produksi yang higienis, banyak masukkan yang sudah KLT-BSN berikan dari mulai penerimaan biji kopi yang harus di jemur kembali, ruang penjemuran yang tertutup dengan lantai dilapis epoksi atau keramik, mesin sortasi yang mampu memisahkan sampah, biji kecil, biji besar dan biji pecah. Ruang produksi yang tertutup tetapi memiliki cerobong untuk membuang panas, mesin produksi roasting/sangray yang dilapisi bahan tahan panas dan tidak berkarat, hingga ruang pengepakan yang ber AC dan bersih.

Juli 2019 KLT BSN membantu proses Sertifikasi Halal yang proses nya masih di bawah LPPOM-MUI Sumsel.

18 Agustus 2020, kami datang ke pabrik CV. Bola Dunia, kami langsung meninjau hasil perbaikan yang kami sarankan dimana semua peralatan produksi yang bersentuhan dengan kopi harus dilapisi yang bahannya tidak bercampur dengan kopi, mulai dari mesin Roasting atau sangray hingga ayakan pendingin, serta juga alat untuk mengemas kopi.            

 

 

Dan pada tanggal 19 Agustus 2020, KLT-BSN memberikan bimbingan penyusunan dokumen Pedoman Mutu kepada karyawan UKM CV. Bola Dunia dan motivasi tentang perlunya standardisasi pada sistem pengolahan mereka dan apa manfaat yang bisa di peroleh bagi perusahaan dan karyawan ketika penerapan standar telah dilakukan. Dan akhirnya semua karyawan dan juga pimpinan perusahaan memiliki pemahaman dan yang sama untuk menjaga mutu produknya sesuai Standar yang ditetapkan yaitu SNI 01-3542-2004 tentang Kopi bubuk.

 

  

Setelah dokumen yang dibutuhkan selesai dicetak di tanda tangani sesuai kewenangannya, KLT-BSN mengambil sampel kopi yang sudah dikemas dan bersiap kembali ke Kota Palembang untuk membantu mendaftarkan UKM yang sudah di bina sejak tahun 2018, semoga upaya KLT-BSN dalam memberikan bimbingan memberikan hasil yang memuaskan mengingat semangat dan kesabaran UKM Bola Dunia ini begitu kuat, yaitu mendapatkan sertifikat SNI 01-3542-2004 dari LSPro yang telah diakreditasi oleh KAN, untuk bisa menjadi kopi Lahat ber SNI menuju pasar dunia. Semoga..(KLT-PLM)