Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Menuju Pasar SNI, 3 Pasar Bakal Direvitalisasi, Diskopindag Sosialisasi pada Pedagang

  • Rabu, 10 Maret 2021
  • 610 kali

MALANGTIMES - Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang terus berupaya untuk menstandarisasi pasar tradisional di Kota Malang menuju pasar tradisional ber-Standar Nasional Indonesia (SNI). Upaya tersebut salah satunya diwujudkan Diskopindag Kota Malang dengan melakukan revitalisasi pada sejumlah pasar tradisional yang ada di Kota Malang.

Tiga pasar tradisional di Kota Malang direncanakan bakal direvitalisasi. Tiga pasar tersebut, yakni Pasar Madyopuro, Pasar Lesanpuro, dan Pasar Kota Lama. Hal itu dibenarkan langsung Kepala Diskopindag Kota Malang Muhammad Sailendra ST MM, saat memberikan sambutan terhadap sejumlah pedagang pasar dalam rangka sosialisasi rencana revitalisasi pasar di Hotel Montana 2, Rabu (10/3/2021).

“Upaya revitalisasi dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pedagang maupun para konsumen guna menuju pasar SNI. Dengan revitalisasi tersebut juga diharapkan, para pedagang bisa memberikan pelayanan serta menjaga kualitas pasar yang mereka tempati sehingga semakin menarik pembeli,” terangnya.

Pasar tradisional ditegaskannya tetap perlu dipertahankan. Sebab, pasar tradisional merupakan salah satu lokasi penggerak perekonomian rakyat. Karenanya, dengan revitalisasi yang dilakukan, sebagai bagian dari peningkatan sarana dan prasarana lebih baik lagi guna menunjang usaha para pedagang.

“Imbasnya ditargetkan mampu meningkatkan perekonomian pasar tradisional di tengah gempuran toko moderen,” ungkapnya.

Pihaknya juga menyampaikan kepada para pedagang, agar nantinya setelah dilakukan revitalisasi, bisa berperan aktif juga untuk merawat pasar tempat mereka berjualan.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan, Sapto Wibowo menambahkan, jika sosialisasi ini merupakan upaya wujud kerjasama baik antara pemerintah dan pedagang agar saat proses revitalisasi, proses relokasi dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Sehingga para pedagang diundang, untuk koordinasi dan menyosialisasikan terkait revitalisasi pasar ini agar nantinya lancar dalam proses revitalisasi. Arahnya nanti zonasi penempatan, sehingga mereka memahami. Saat ini, revitalisasi masih memasuki tahapan lelang melalui ULP dan ditargetkan selesai tahun ini,” pungkasnya.

 

Link:Menuju Pasar SNI, 3 Pasar Bakal Direvitalisasi, Diskopindag Sosialisasi pada Pedagang | Jatim TIMES




­