Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Unpad Siap Lanjutkan Kerja Sama dengan BSN

  • Rabu, 16 Juni 2021
  • Humas BSN
  • 428 kali

Sebagai kelanjutan kerja sama antara Badan Standardisasi Nasional (BSN) dengan Universitas Padjadjaran (Unpad), dilaksanakan pertemuan antara Kepala BSN, Kukuh S. Achmad dengan Rektor Unpad, Rina Indiastuti secara daring pada Selasa (15/06/2021).

Hingga saat ini, BSN telah bekerja sama dengan banyak perguruan tinggi di Indonesia sebagai salah satu upaya untuk dapat mengenalkan standar kepada dunia pendidikan, khususnya di perguruan tinggi. “Dengan mengenalkan standar di dunia pendidikan, nantinya dapat digunakan sebagai bekal. Diantaranya dengan mengenalkan mata kuliah standardisasi pada perguruan tinggi, baik sebagai mata kuliah pilihan, wajib, maupun diberikan kuliah umum mengenai standardisasi,” ujar Kukuh. 

Dalam kesempatan ini, Kukuh juga mengenalkan standar SNI ISO 21001:2018 tentang Sistem manajemen untuk Organisasi Pendidikan yang bisa diterapkan di perguruan tinggi. “Dengan menerapkan standar ini, akan dapat menjadi added value untuk perguruan tinggi, untuk menjadi World Class University,” ungkap Kukuh.

Rektor Unpad, Rina Indiastuti menginginkan untuk dapat terus melanjutkan kerja sama antara BSN dengan Unpad yang telah terjalin sejak 2011 ini. Hal yang menjadi perhatian utama Rina untuk kerja sama selanjutnya diantaranya adalah tentang pendidikan standardisasi. Rina mengharapkan BSN dapat memberikan masukan dan bekerja sama terkait dengan sistem pembelajaran pendidikan standardisasi. 

Rina juga antusias dan tertarik agar Unpad dapat menerapkan standar SNI ISO 21001:2018. Rina berharap dengan standar ini Unpad dapat menerapkan sistem manajemen yang efektif sebagai perguruan tinggi negeri dan juga dapat terus berinovasi.

Pertemuan ini juga turut dihadiri Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Unpad, Yanyan Mochamad Yani; Sekretaris Utama BSN, Nasrudin Irawan; Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah; Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran BSN, Hastori; dan jajaran Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan BSN.(tyo - humas)