Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Hadir dalam PASC EC Meeting ke 69

  • Rabu, 13 Oktober 2021
  • Humas BSN
  • 2502 kali

PASC Executive Committee Meeting adalah pertemuan rutin yang diselenggarakan setiap tahun dan dihadiri oleh perwakilan anggota PASC di level eksekutif.

Delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad mengikuti Pacific Area Standard Congress Executive Committee (PASC EC) 69 Meeting yang diselenggarakan secara daring, pada Selasa (12/10/2021). Delegasi Indonesia terdiri dari Sekretaris Utama BSN, Nasrudin Irawan; Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama dan Layanan Informasi, Zul Amri selaku Sekretariat PASC 2020-2022; serta Koordinator Kelompok Substansi Kerja Sama BSN, Suhaimi Kasman.

Pertemuan yang dipimpin oleh PASC EC Chair, Chantal Guay (Canada) ini membahas beberapa agenda. Pertama, penyampaian informasi terbaru dari masing-masing PASC Working Group; Update informasi dari Working Group 1 terkait Communication and Stakeholder Engagement disampaikan oleh Torrin Marquardt dari SA Australia. Mitsuo Matsumoto dari JISC Jepang menyampaikan informasi terkini mewakili Working Group 2 terkait Capacity Building; Informasi dari Working Group 3 terkait Trade Facilitation disampaikan oleh Alec Clark dari SCC Canada; kemudian Working Group 4 terkait Policy and Governance menyampaikan update melalui Tjretler dari, ANSI Amerika Serikat.

Dalam agenda kedua, forum membahas PASC meeting mendatang yang diputuskan untuk kembali dijadwalkan berlangsung secara virtual dengan tetap mempertimbangkan perkembangan situasi yang terjadi di beberapa negara. Agenda ketiga, yaitu laporan tengah tahun atas implementasi ISO Regional Engangement Policy (REP) di regional Asia Pacifik disampaikan oleh Ike Permatasari, selaku Koordinator ISO untuk kawasan regional Asia Pasifik.

Anggota yang hadir pada PASC EC 69 Meeting dengan konfirmasi antara lain merupakan perwakilan dari Australia (SA), Canada (SCC), China (SAC), Colombia (ICONTEC), Hongkong China (ITCHSKAR), Jepang (JISC), Malaysia (DSM), Selandia Baru (SNZ), Peru (INACAL), Filipina (BPS), Korea (KATS), Rusia (GOST R), Singapura (ESG), Afrika Selatan (SABS), Amerika Serikat (ANSI), Vietnam (STAMEQ), serta Indonesia (BSN). (Put – Humas)