Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Temu Pelanggan BBSPJIHPMM Menuju Layanan Industri Berdaya Saing

  • Kamis, 09 Juni 2022
  • 1212 kali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Temu Pelanggan Balai Besar Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri Hasil Perkebunan, Mineral, Logam dan Maritim (BBSPJIHPMM) Kementerian Perindustrian, berlangsung di Hotel Four Points by Sheraton Makassar.

Temu Pelanggan tahun ini mengusung tema Transformasi BBSPJIHPMM melalui Indie-Services Menuju Layanan Industri Berkelanjutan Guna Mewujudkan Industri Nasional Yang Mandiri Dan Berdaya Saing.

Tema tersebut sesuai dengan tema yang digagas Indonesia, Recover Together, Recover Stronger dengan semangat Pulih Bersama.

Kepala BBSPJIHPMM, Setia Diarta mengatakan, Temu Pelanggan kali ini dikemas dalam bentuk Talkshow.

Beberapa pembicara diisi oleh perwakilan BBIHPMM, perwakilan Badan Standarisasi Nasional (BSN), dan Wakil dari Industri, PT Antam Tbk, UPBM Kolaka.

"Kami mengundang 150 peserta yang hadir secara offline dan 500 undangan ikut secara online," ucapnya Kamis (9/6/2022)

Temu pelanggan juga dirangkaikan dengan penandatangan MoU/PKS dengan berbagai lembaga stakeholder.

Lembaga tersebut antara lain Direktorat Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian, Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Wilayah Sulawesi Selatan.

Dalam kesempatan ini, Setia Diarta memaparkan transformasi BBSPJIHPMM dari masa ke masa.

Pada tahun 2022, BBIHPMM telah menempuh umur 75 tahun, umur yang sangat matang.

"Lembaga ini telah berbakti pada negara melewati semua era kepemimpinan bangsa Indonesia, meskipun keberadaannya berada dibalik kejayaan industri nasional," ucapnya.

BBIHPMM harus siap mengembangkan sayap yang lebih besar, mampu merangkul berbagai pihak.

BBIHPMM juga telah mengembangkan layanan baru, yakni inspeksi teknis.

Kedua, Sertifikasi Industri Hijau melalui Lembaga LSIH BBIHPMM (fase tutup temuan hasil verifikasi awal LSIH).

Pemeriksaan Halal melalui Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) BBIHPMM (sedang dalam tahap tindaklanjut hasil assemen Asessor BPJPH pada tanggal 1-3 Juni 2022).

"Layanan sebelumnya antara lain kalibrasi dengan Laboratorium Kalibrasinya, sertifikasi dengan lembaga LSPro (LSPr-018-IDN), dan Konsultansi Teknis dengan Inkubator Bisnis Teknologi," jelasnya.

Penambahan ruang lingkup komoditi, produk dan parameter juga sudah mulai bergeser.

Dari era pandemi menuju era endemi, yang artinya semangat pulih bersama telah kita niatkan untuk menata, menyongsong kehidupan yang lebih baik.

Diketahui, dalam acara ini, tiga pelanggan diberi piagam penghargaan.

Pelanggan terloyal, PT Antam TBK, UPBN Kolaka.

Pelanggan yang tertib, PT Triteguh Manunggal Sejati.

Serta pelanggan tersosmed PT Carakde Solusi Informatika.(*)

 

Tautan berita: Temu Pelanggan BBSPJIHPMM Menuju Layanan Industri Berdaya Saing - Tribun-timur.com (tribunnews.com)




­