Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Komite Akreditasi Nasional (KAN) lakukan uji lapangan di laboratorium BBPOM Pekanbaru

  • Selasa, 28 Juni 2022
  • Humas BSN
  • 1145 kali

Pekanbaru (ANTARA) - Komite Akreditasi Nasional (KAN) melakukan pengujian lapangan (onsite assessment) di laboratorium BBPOM di Pekanbaru dalam rangka reakreditasi dan witness.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 20-21 Juni 2022 ini merupakan reakreditasi yang pertama kali setelah penerapan ISO 17025:2017 yang terintegrasi dengan ISO 9001: 2015. 

Onsite assesment oleh KAN di laboratorium BBPOM di Pekanbaru tersebut dilaksanakan oleh tim assessment KAN yang terdiri dari 5 orang assesor yang sangat kompeten terkait laboratorium pengujian, dengan Renawati Iskandar sebagai assessor kepala. 

Ruang lingkup yang diaudit meliputi persyaratan umum, struktural, dan manajemen serta seluruh fungsi laboratorium (laboratorium obat tradisional dan kosmetik, obat, pangan, dan mikrobiologi).

Menurut informasi Tim Infokom BBPOM di Pekanbaru, meskipun ada temuan, tetapi tidak ada temuan yang bersifat kategori 1 dan tentunya diharapkan laboratorium dapat segera mengidentifikasi akar penyebab masalah temuan yang ada sekaligus tindakan perbaikan yang diperlukan untuk mencegah ketidaksesuaian yang sama terulang kembali. 

Tentunya temuan yang ada juga bisa menjadi peluang untuk peningkatan berkelanjutan (continuous improvement) pada sistem manajemen mutu di laboratorium sehingga bisa memberikan jaminan hasil pengujian yang paripurna, lanjut Tim Infokom tersebut.

 

Pewarta : rilis

Editor : Riski Maruto

 

Tautan Artikel: Komite Akreditasi Nasional (KAN) lakukan uji lapangan di laboratorium BBPOM Pekanbaru