Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Kenalkan Pentingnya Standardisasi Pada Civitas Akademika Universitas Pancasakti Tegal

  • Kamis, 28 Juli 2022
  • Humas BSN
  • 446 kali

Penerapan standar kian dibutuhkan dalam era globalisasi. Dengan kata lain, mahasiswa akan dihadapkan pada dunia yang kompetitif. Untuk itu, mahasiswa perlu membekali diri dengan ilmu mengenai Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian.

Untuk mengenalkan manfaat penerapan standar kepada civitas akademika di Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerja sama dengan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan UPS Tegal, menggelar SNI Corner Live Seminar Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian secara daring pada Rabu (27/7/2022). Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri.

Dalam kesempatan ini, Koordinator Kelompok Substansi Fasilitasi Industri BSN, Andry R. Prihikmat menjelaskan isu pasar global, manfaat standardisasi dan penilaian kesesuaian serta peran stakeholder dalam pengembangan dan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI). “Penerapan SNI dapat meningkatkan kualitas produk dan pelayanan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan keuntungan,” tutur Andry.

Guna mempermudah stakeholder, termasuk mahasiswa, dalam mempelajari dan mengakses SNI, saat ini BSN memiliki layanan SNI Corner. Analis Penyuluhan dan Layanan Informasi BSN, Paradaisy Pidy Paragony memaparkan, SNI Corner merupakan outlet informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian, yang menyediakan informasi terpadu satu pintu baik dalam bentuk dokumen fisik maupun melalui aplikasi PORTAL SNI. Informasi terpadu yang ditawarkan antara lain: dokumen SNI, direktori SNI, daftar regulasi teknis, direktori laboratorium dan lembaga sertikasi, buku referensi, publikasi ilmiah dan publikasi informatif SNI, serta galeri infografis dan video standardisasi dan penilaian kesesuaian. Masyarakat dapat mengakses SNI Corner secara online melalui https://portalsnicorner.bsn.go.id.

UPS Tegal sendiri telah menghasilkan produk hasil inovasi mahasiswa. Wakil Dekan II FTIK UPS Tegal, Agus Shidiq menjelaskan bahwa saat ini ada 4 produk yang dihasilkan oleh UPS tegal. Salah satunya adalah mesin CNC 4 Axis CNC laser 3d printing. Agus menekankan, mahasiswa harus inovatif serta mampu mengatasi masalah dengan kaidah-kaidah ilmiah, sehingga hasil yang dihasilkan pun optimal. (DWI/ FIR/ AKH/ed:Humas)