Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN dan Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang Kolaborasi Menuju Akreditasi Laboratorium Penguji

  • Jumat, 29 Juli 2022
  • Humas BSN
  • 487 kali

Dalam semangat Tri Darma Perguruan Tinggi sebagai Lembaga Pendidikan Vokasi, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang tak henti berbenah diri untuk meningkatkan kompetensi laboratorium penguji nya menjadi handal dan terpercaya. Guna mencapai tujuan tersebut, Badan Standardisasi Nasional (BSN) digandeng untuk bekerja sama memberikan fasilitasi bimbingan teknis laboratorium dalam penerapan SNI ISO/IEC 17025:2017.

Wujud duet bersama ini terlihat dari kunjungan Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang ke BSN di ruang rapat kilogram kantor BSN, Serpong pada Kamis (28/7/2022). Rombongan diterima oleh Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Triningsih Herlinawati.

Dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara, Triningsih atau biasa disapa Ning, berpesan untuk laboratorium mulai bersiap memperluas ruang lingkup agar nantinya dapat menjadi laboratorium lingkungan serta untuk bisa menangkap peluang pasar pengujian produk alat kesehatan.

Menanggapi hal tersebut, rombongan Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang yang diketuai oleh Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan, Agus Purnomo menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi bimbingan yang diberikan oleh tim fasilitator BSN dalam mengantarkan Laboratorium Terpadu Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang semakin siap menuju laboratorium penguji terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Setelah ramah-tamah, kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan review dokumentasi mutu oleh tim fasilitator BSN. Adapun, output dari kegiatan ini cukup menggembirakan yaitu Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang berhasil menyusun panduan mutu yang merupakan kebijakan laboratorium, beberapa prosedur dan juga formulir. (ES/RW/ ed:humas).