Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Meminta Masyarakat Cerdas Pilih Produk

  • Rabu, 29 Maret 2023
  • 1389 kali

Kliping berita

 


JAKARTA – Konsumsi masyarakat saat Ramadan diperkirakan meningkat. Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) memproyeksikan penjualan produk food and beverage menjelang Ramadan bisa meningkat sekitar 30% dibandingkan bulan-bulan biasa. Bahkan, ada produk tertentu yang bisa melesat penjualannya hingga 50%. Momentum buka puasa menjadi salah satu pendorong peningkatan konsumsi masyarakat. Meski demikian, untuk menjaga agar badan sehat, maka dalam memilih makanan dan minuman untuk sahur dan berbuka puasa, masyarakat diharapkan cerdas dalam memilihnya.

“Pastikan makanan dan minuman tidak kedaluwarsa, ada jaminan halal, serta pilih juga produk yang sudah berstan dar nasional Indonesia ( SNI ),” ungkap Deputi Bidang Pengembangan Standardisasi Badan Standardisasi Nasional (BSN) Hendro Kusumo di Jakarta kemarin.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan jeli memperha tikan apakah kemasan dalam kondisi baik, utuh, dan belum pernah dibuka.

Cerdas dalam memilih produk tentu diharapkan dapat mendukung kelancaran dalam melaksanakan ibadah.“Bayangkan jika salah mengon sumsi makanan atau minuman, yang terjadi malah kita sakit dan tidak bisa optimal dalam menjalankan ibadah Ramadan,” tambah Hendro.

Salah satu produk favorit pada saat sahur dan terutama pada berbuka puasa adalah sirup karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Selain itu, produk lainnya seperti biskuit, makanan olahan siap saji dalam bentuk kaleng, dan madu juga banyak diburu oleh konsumen pada Ramadan ini.

Karena banyak dikonsumsi di bulan Ramadan, menurut Hendro, produk semacam itu diperlukan jaminan kualitas untuk produk makanan dan minuman yang baik untuk keamanan dan kesehatan.

“BSN telah menetapkan beberapa SNI makanan dan minuman, sebagian masih bersifat sukarela, sebagian lainnya diberlakukan secara wajib,” ujar Hendro.

Memilih produk yang berSNI karena SNI simbol jaminan mutu untuk mendapatkan SNI , prod uk tersebut harus lulus uji baik di laboratorium maupun audit oleh lembaga sertifikasi produk.

Untuk produsen, lanjutnya, penerapan SNI adalah salah satu bentuk tanggung jawab dalam perlindungan konsumen. Namun, bukan hanya untuk kepentingan konsumen.
SNI juga akan meningkatkan daya saing bagi produsen yang telah menerapkan SNI pada produknya, baik di pasar nasional maupun global.

Dari beberapa SNI makanan dan minuman yang ditetapkan oleh BSN, BSN menetapkan SNI 3544:2013 Sirup dan SNI 2973:2022 Biskuit sebagai SNI edisi termutakhir . Dua produk ini, sirup dan biskuit, bagian dari produk yang sering dibeli dan dikonsumsi oleh masyarakat.

Sirup yang dimaksud dalam dokumen SNI 3544:2013 adalah produk minuman yang dibuat dari campuran air dan gula dengan kadar larutan gula minimal 65% dengan atau tanpa bahan pangan lain dan atau bahan tambahan pangan yang diizinkan sesuai ketentuan yang berlaku Adapun ruang lingkup SNI Sirup menetapkan istilah dan definisi, syarat mutu, peng ambilan contoh, cara uji, pengemasan, dan penandaan sirup.

Syarat mutu SNI 3544:2013, tambah Hendro, dilakukan melalui kriteria uji antara lain keadaan, total gula (dihitung sebagai sukrosa), cemaran logam, arsen, dan mikroba.Adapun SNI 2973:2022 Biskuit, ruang lingkup standar ini adalah menetapkan istilah dan definisi, bahan, syarat mutu, pengambilan contoh, cara uji, syarat lulus uji, higiene, pengemasan, dan penandaan untuk biskuit. Standar berlaku untuk produk biskuit, krekers, kukis, wafer, dan pai yang meng gu nakan tepung terigu. Namun, tidak berlaku untuk bis kuit as sorted, biskuit bar sereal isi, egg roll, dan crepes.

Kendati bersifat sukarela, berdasarkan data BSN, tercatat hingga saat ini untuk SNI sirup terdapat dua industri penerap SNI . Berbeda dengan sirup, SNI biskuit yang sudah diberla kukan wajib oleh Kementerian Perindustrian telah diterapkan oleh 53 industri.

Gabungan Produsen Makanan dan Minuman In do ne sia (Gapmmi) mem pro yek si kan per mintaan pro duk ma kan an dan minuman (mamin) pada mo mentum Ramadan tahun ini akan meningkat ketimbang kondisi pada Ramadan tahun lalu.

Ketua Umum Gapmmi Adhi S Lukman mengungkapkan, penjualan produk food and beveragemenjelang Ramadan bisa meningkat sekitar 30% dibandingkan bulan-bulan biasa. Bahkan, ada produk tertentu yang bisa melesat penjualannya hingga 50%.

Sejumlah produk F&B yang tinggi peminat selama bulan Ramadan di antaranya produkproduk manis seperti nata decoco, kolang-kaling, kurma, minuman manis, dan sirup.

Sedangkan khusus untuk hari Lebaran, produk biskuit dan berbagai jenis minuman serta snackyang biasanya diincar para konsumen.

 

Sumber : Koran Sindo 29 Maret 2023 Hal 14

 

Artikel berita terkait :
1. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5245398/laris-manis-saat-ramadhan-tengok-patokan-sni-untuk-produk-sirup-dan-biskuit 

2. https://surabaya.inews.id/read/275376/hati-hati-beli-makan-dan-minum-di-bulan-ramadan-bsn-sarankan-hal-ini 

3. https://oohya.republika.co.id/posts/207912/belanja-ramadhan-pilih-biskuit-dan-sirup-ber-sni 

4. https://www.krjogja.com/peristiwa/read/499240/bsn-minta-masyarakat-cerdas-pilih-produk-ber-sni 

5. https://radarsolo.jawapos.com/ekonomi/29/03/2023/bsn-harus-jeli-membeli-makanan-minuman-pastikan-produk-tidak-kedaluwarsa/ 

6. https://metrojateng.com/2023/03/28/selain-halal-dan-expired-date-masyarakat-dihimbau-pilih-produk-ber-sni/

7. https://ketaketik.com/2023/03/28/pastikan-produk-yang-kamu-beli-ber-sni/

8. https://metrosemarang.com/2023/03/28/bsn-minta-masyarakat-cerdas-pilih-produk-ber-sni/

9. https://www.pojoksemarang.com/peristiwa/2048239255/ramadhan-datang-pilihlah-produk-yang-halal-tidak-kadaluarsa-dan-ber-sni

10. https://infopublik.id/kategori/nasional-sosial-budaya/726931/bsn-minta-masyarakat-cerdas-pilih-produk-ber-sni

11. https://www.rctiplus.com/news/detail/gaya-hidup/3521803/hati-hati-beli-makan-dan-minum-di-bulan-ramadan,-bsn-sarankan-hal-ini!

12. https://www.topbusiness.id/75235/ramadhan-tiba-bsn-minta-masyarakat-cerdas-pilih-produk-ber-sni.html 

13. https://headtopics.com/id/laris-manis-saat-ramadhan-tengok-patokan-sni-untuk-produk-sirup-dan-biskuit-37239509

14. http://ratalnews.com/2023/03/28/ramadhan-tiba-bsn-minta-masyarakat-cerdas-pilih-produk-ber-sni/

15. https://koranpelita.com/2023/03/28/bsn-himbau-masyarakat-cerdas-pilih-produk-ber-sni-saat-ramadhan/

16. https://technology-indonesia.com/tak-berkategori-id/ramadan-tiba-bsn-imbau-masyarakat-cerdas-pilih-produk-ber-sni/

17. https://www.balipuspanews.com/selama-ramadhan-bsn-minta-masyarakat-cerdas-pilih-produk-ber-sni.html

18. https://britabrita.com/2023/03/28/ramadan-masyarakat-harus-cerdas-pilih-produk-sni/

19. https://sibernas.com/2023/03/28/ramadhan-masyarakat-harus-cerdas-pilih-produk-ber-sni/

20. https://beritasurabaya.net/index_sub.php?category=7&id=32235 

21. https://sijori.id/read/bsn-ajak-masyarakat-cerdas-memilih-produk-ber-sni

 22. https://thequality.id/infocus/ramadhan-tiba-bsn-minta-masyarakat-cerdas-pilih-produk-ber-sni/   




­