Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Skema Akreditasi Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Kepatuhan Perkuat Penilaian Kesesuaian

  • Selasa, 30 Mei 2023
  • 556 kali

Dalam rangka memberi dukungan untuk mengimplementasikan tata kelola yang baik, KAN berencana mengoperasionalkan Skema Akreditasi Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Kepatuhan Berbasis ISO 37301 Sistem Manajemen Kepatuhan.

Sebagai langkah awal, KAN mempersiapkan sumber daya manusia melalui pelatihan asesor Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Kepatuhan (LSSMK) Berdasarkan ISO 37301:2021, pada Senin-Selasa (29-30/5/2023) secara hybrid. Sebagian besar calon asesor ini telah menjadi asesor untuk skema sistem manajemen.

Dalam pembukaan pelatihan, Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi , Sugeng Raharjo, berharap para peserta dapat meningkatkan kompetensinya melalui pelatihan ini, sehingga skema ini dapat dijalankan dengan baik nantinya.

Selaku narasumber pakar, Anggota Komite Teknis 03-10 Dr. Waluyo, menjabarkan ISO 37301:2021 Sistem Manajemen Kepatuhan: Persyaratan dengan panduan untuk digunakan, hingga menyampaikan persyaratan akreditasinya.

Pelatihan ini merupakan bagian dari rangkaian peluncuran skema akreditasi ISO 37301.  Pada rangkaian kegiatan "Festival Infrastruktur Mutu Nasional 2023" yang akan dilaksanakan pada tanggal 14-16 Juni 2023 mendatang, KAN akan meresmikan Skema Akreditasi Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Kepatuhan. Peresmian ini diharapkan dapat mewujudkan semangat organisasi untuk menerapkan tata kelola yang baik. (KAN/Put)

 




­