Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN ajak atasi stunting dengan penerapan standar pangan

  • Senin, 19 Juni 2023
  • 1261 kali

Kliping Berita

Sabtu, 17 Juni 2023 00:12 WIB

Makassar (ANTARA) - Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S Achmad mengatakan, salah satu upaya mengatasi stunting di lapangan dengan penerapan standar pangan.

"Pasalnya keamanan pangan merupakan persoalan serius yang perlu menjadi perhatian kita semua. Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama," kata Kukuh dalam keterangan persnya di Makassar, Jumat (16/6).

Dia mengatakan , hanya dengan pangan yang aman dapat memperoleh manfaat penuh dari nilai gizinya. Namun, pangan rentan terkena cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat membahayakan kesehatan manusia yang mengonsumsinya.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia,, untuk menjaga keamanan pangan dalam rantai pangan “from farm to fork”, maka penting penyusunan standar-standar pangan yang dapat dijadikan acuan bagi pihak-pihak yang terlibat dalam rantai pangan tersebut.

Standar pangan itu sendiri, menetapkan antara lain batas maksimum kontaminan, residu pestisida, residu obat hewan, dan bahan tambahan pangan.

Selain itu, standar pangan juga memastikan pangan dapat diukur, dikemas, dan didistribusikan secara aman.

Penggunaan standar pelabelan juga memberikan informasi yang jelas bagi konsumen untuk memilih pangan yang baik dan mencukupi kebutuhan gizinya.

Dengan adanya pemenuhan komoditas pangan terhadap standar-standar pangan, Kukuh menilai akan memberi dampak ekonomi.

“Produsen pangan atau pebisnis pangan dapat terlindungi karena produk pangan yang diperdagangkan memenuhi standar maupun regulasi pangan sehingga dapat terhindar dari penolakan dalam perdagangan internasional serta menghindari terjadinya keracunan pangan,” kata Kukuh.

Adanya standar pangan, juga melindungi kehidupan dengan ditetapkannya kriteria-kriteria pangan harus memenuhi aspek perlindungan konsumen dan meningkatkan kepercayaan terhadap produk.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sulawesi Selatan (BKKBN Sulsel) Hj Andi Ritamariani mengatakan, untuk mendapatkan bahan pangan yang aman, pihaknya terus mensosialisasikan pada masyarakat untuk memanfaatkan halaman rumah.

"Halaman rumah dapat ditanami dengan tanaman pangan tanpa menggunakan pestisida atau zat kimia yang membahayakan kesehatan manusia," katanya.

Menurut dia, melalui Tim Pendamping BKKBN di lapangan dikampanyekan pula Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang sumber pangannya memanfaatkan pekarangan rumah.


Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2023

 Link : https://www.antaranews.com/berita/3592809/bsn-ajak-atasi-stunting-dengan-penerapan-standar-pangan 

 

Artikel berita terkait :

  1. https://www.mnctrijaya.com/news/detail/60251/bsn-atasi-stunting-salah-satunya-melalui-standar-pangan
  2. https://surabaya.inews.id/read/309323/atasi-stunting-bsn-implementasikan-standar-pangan-secara-ketat-dan-menyeluruh
  3. Running Teks Kompas TV Siang
  4. https://www.google.com/amp/s/makassar.antaranews.com/amp/berita/487242/bsn-mengajak-atasi-stunting-dengan-penerapan-standar-pangan
  5. https://www.google.com/amp/s/radarsolo.jawapos.com/kesehatan/18/06/2023/tekan-stunting-dengan-pangan-berkualitas-jumlah-kasus-bisa-di-atas-standar-who/amp/
  6. https://news.harianjogja.com/read/2023/06/17/500/1138896/atasi-stunting-bsn-perlu-penerapan-standar-pangan
  7. https://www.kabarbisnis.com/read/28119423/angka-stunting-di-ri-masih-tinggi-bsn-dorong-penguatan-standar-pangan
  8. https://headtopics.com/id/bsn-ajak-atasi-stunting-dengan-penerapan-standar-pangan-40284976
  9. https://metrojateng.com/2023/06/16/bsn-standar-pangan-jadi-salah-satu-kunci-atasi-stunting/
  10. https://realitarakyat.com/2023/06/bsn-atasi-stunting-dengan-penerapan-standar-pangan/
  11. https://sijori.id/read/cegah-stunting-dengan-pangan-standar
  12. https://headtopics.com/id/tekan-stunting-dengan-pangan-berkualitas-jumlah-kasus-bisa-di-atas-standar-who-40326646



­