Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Koordinasi Skema Akreditasi Nilai Ekonomi Karbon (NEK) BSN dan KLHK

  • Jumat, 07 Juli 2023
  • 1390 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terus aktif bersinergi dalam menindaklanjuti Skema Akreditasi Nilai Ekonomi Karbon yang telah dilaunching bertepatan dengan Festifal Infrastruktur Mutu Nasional Bulan Juni 2023. Plt. Deputi Bidang Akreditasi BSN selaku Sekretaris KAN, Donny Purnomo melakukan audiensi dengan Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (KLHK) dalam rangka melanjutkan updating dan  tindak lanjut skema akreditasi Nilai Ekonomi Karbon (NEK) pada Jumat (7/7/2023) di Kantor KLHK, Jakarta. Audiensi ini merupakan kunjungan balasan setelah sebelumnya Dirjen PPI KLHK telah melakukan audiensi awal ke BSN untuk pembahasan awal mengenai Skema Akreditasi NEK ini.

Dalam kesempatan tersebut, Donny didampingi oleh Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi BSN, Sugeng Raharjo serta Direktur Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi BSN, Fajarina Budiantari.  BSN diterima dengan baik oleh Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, Laksmi Dhewanthi, yang didampingi oleh Direktur Inventarisasi Gas Rumah Kaca dan Monitoring Pelaporan Verifikasi, Hari Wibowo; Direktur Mobilisasi Sumber Daya Sektoral dan Regional, Wahyu Marjaka; serta Fungsional KLHK, Syaiful Anwar.

Donny menekankan pentingnya memastikan kompetensi Lembaga sebelum memberikan akreditasi. “Yang terpenting bagi kami adalah memastikan agar jangan sampai Lembaga yang belum memenuhi syarat diberikan akreditasi,” ungkapnya.

Pada pertemuan ini, KAN dan KLHK mendiskusikan beberapa agenda, seperti pembahasan perkembangan skema KAN K NEK yang telah memasuki tahap finalisasi, adanya beberapa Lembaga Verifikasi/Validasi (LV/V) yang telah mendapatkan akreditasi untuk skema Gas Rumah Kaca (GRK) dan akan mengajukan akreditasi NEK maupun yang belum mendapatkan akreditasi GRK.

Selain itu, Plt. Deputi Bidang Akreditasi BSN bersama Ditjen PPI KLHK juga membahas beberapa rencana, seperti sosialisasi KAN K NEK yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat kepada LV/V, peningkatan kompetensi mengenai regulasi NEK kepada asesor, dan sinergi KAN dan KLHK dalam memantau LV/V dan organisasi untuk mencegah terjadinya fraud. (Put)

 

Galeri Foto:

Koordinasi Skema Akreditasi Nilai Ekonomi Karbon (NEK) BSN dan KLHK




­