Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Bahas Uji Profisiensi pada Komoditi Pangan Bersama Stakeholder

  • Senin, 10 Juli 2023
  • 1022 kali

Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Badan Standardisasi Nasional menerima audinesi dari Pusat Riset Veteriner – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Nuclear Institute for Agriculture and Biology (NIAB) Pakistan, dan Nuclear Institute for Food and Agriculure (NIFA) Pakistan di Gedung Laboratorium SNSU BSN, Serpong, pada Kamis (6/7/2023). Audiensi ini membahas penyelenggaraan uji profisiensi dan uji banding antar laboratorium, serta membahas jaringan di bidang keamanan pangan di Regional Asia-Pasifik.

Audiensi ini dihadiri oleh Dyah Styarini, Christine Elishian, Harry Budiman, dan Amila Safira dari SNSU BSN; Romsyah Maryam dan Yessy Anastasia dari Pusat Riset Venteriner BRIN; Muhammad Yasin dari NIAB Pakistan; serta Talet Mahmood dan Muhammad Asim dari NIFA Pakistan.

Ketua Tim Kerja SNSU Kimia, Dyah Styarini, mengawali pertemuan dengan mempresentasikan profil Laboratorium SNSU Kimia BSN. Selanjutnya, perwakilan dari Pusat Riset Veteriner-BRIN, NIAB dan NIFA menyampaikan maksud dan tujuan kunjungannya.

Dalam kunjungan ini, Pusat Riset Veteriner-BRIN, NIAB, dan NIFA Pakistan berdiskusi dengan Laboratorium SNSU Kimia mengenai teknis penyelenggaran uji profisiensi, mulai pembuatan sampel hingga menganalisis sampel uji profisiensi, terutama pada penyelenggaraan uji profisiensi pada komoditi pangan untuk parameter aflatoxin. Selain itu, audiensi ini juga membahas pelaksanaan audit internal dan penerapan manajemen mutu standar ISO/IEC 17043 (khususnya mengenai penerapan ISO/IEC 17043:2023).

Selain bertukar informasi dan diskusi, Pusat Riset Veteriner-BRIN, NIAB, dan NIFA Pakistan juga mengunjungi laboratorium yang dimiliki SNSU BSN, khususnya ke laboratorium SNSU Kimia dan SNSU Biologi, guna melihat aktivitas dan fasilitas peralatan yang ada.

Diharapkan, audiensi ini dapat menjadi langkah awal untuk menjalin kerja sama dan kolaborasi kegiatan selanjutnya. (SNSU TK/ed:ald-Humas)




­