Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN dan BIG Bersinergi Untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Geospasial

  • Selasa, 11 Juli 2023
  • 882 kali

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad, menerima audiensi dari Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Prof. Dr. rer. nat Muh Aris Marfai, S.Si, M.Sc. Pada Senin 10 Juli 2023. Pertemuan tersebut berlangsung di ruang rapat pimpinan gedung BSN Thamrin. Audiensi ini bertujuan untuk membahas kelanjutan kerja sama yang telah terjalin selama ini antara BSN dan BIG. Salah satu pokok bahasan yang dibicarakan dalam pertemuan ini adalah bagaimana BSN dapat mendukung program dan rencana BIG terkait pengembangan informasi geospasial di Indonesia, salah satunya adalah untuk mendukung program 1 peta, 1 data, 1 nusantara.

Dalam pertemuan ini, antara BSN dan BIG membahas tentang standar dan kompetensi yang perlu disiapkan guna mendukung kelancaran program tersebut. BSN bertekad untuk memberikan dukungan penuh terhadap BIG dalam hal ini, dengan mengidentifikasi standar dan kompetensi yang diperlukan untuk mencapai tujuan program yang diusung oleh BIG. Dukungan ini mencakup upaya untuk memastikan bahwa peta dan data yang dihasilkan oleh BIG sesuai dengan standar yang berlaku, sehingga dapat digunakan secara efektif dan efisien oleh masyarakat.

Dalam pertemuan tersebut, Kukuh menyampaikan bahwa BSN siap melanjutkan kerja sama yang telah terjalin dengan BIG dan siap memberikan dukungan penuh dalam mencapai tujuan bersama. Dia menegaskan pentingnya standardisasi dalam pengembangan peta di Indonesia untuk memastikan data yang dihasilkan akurat, konsisten, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Tak hanya Kukuh dan Muh Aris Marfai yang hadir dalam pertemuan ini, turut juga hadir beberapa pejabat terkait dari BSN dan BIG. Diantaranya Sekretaris Utama BSN - Donny Purnomo, Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN - Hendro Kusumo, Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Hukum BSN - Singgih Harjanto, Kepala Pusat Standardisasi dan Kelembagaan Geospasial BIG - Dr. rer. nat. Sumaryono, MSc., serta Surveyor Pemetaan Ahli Utama BIG - Adi Rusmanto, turut hadir untuk mendukung kesepakatan dan membahas langkah-langkah selanjutnya dalam kerja sama antara BSN dan BIG.

Pertemuan ini merupakan langkah positif dalam meningkatkan kerja sama antara BSN dan BIG dalam pengembangan peta di Indonesia. Dengan adanya komitmen dan dukungan penuh dari kedua belah pihak, diharapkan kerja sama BSN dan BIG dapat terlaksana dengan sukses, sehingga memberikan manfaat yang besar khususnya mendukung kebutuhan informasi geospasial yang akurat dan handal bagi negara dan masyarakat Indonesia. (Reza - Humas)




­