Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SIARAN PERS: EVSE di Yogyakarta siap pamerkan ekosistem kendaraan listrik. Catat tanggal pelaksanaannya.

  • Selasa, 11 Juli 2023
  • 460 kali

SIARAN PERS

Nomor: 191/BSN/B3-b3/07/2023

 

EVSE di Yogyakarta siap pamerkan ekosistem kendaraan listrik. Catat tanggal pelaksanaannya.

 

Berbagai kendaraan listrik, penyedia jasa system charging, serta lembaga pengujian yang terkait dengan ekosistem kendaraan listrik, siap meramaikan event Electric Vehicle Standard Expo (EVSE) di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta.

Acara yang diselenggarakan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) ini, akan berlangsung dari tanggal 12 sampai dengan 14 Juli 2023.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama dan Layanan Informasi – BSN, Zul Amri di Jakarta (11/07/20023) menjelaskan, dalam EVSE nanti, kegiatan tidak hanya berupa pameran.

Namun berbagai side event seperti seminar, talkshow, dan test drive akan memeriahkan EVSE. Yang ini akan menambah pengalaman masyarakat atas penggunaan kendaraan listrik.

“EVSE diselenggarakan sebagai bentuk dukungan BSN terhadap implementasi Perpres No. 55 Tahun 2019, yang tentunya kampanye disesuaikan dengan tupoksi BSN di bidang pengembangan standardisasi di Indonesia,”jelas Zul.

Zul menerangkan, selama ini, BSN memang pernah melakukan kampanye serupa yaitu E-Bike Ride Tahun 2019 di Semarang Jawa Tengah, dan The 1st IEVE Tahun 2021 di Bandung Jawa Barat. EVSE 2023 diharapkan dapat semakin menguatkan keinginan masyarakat untuk mau beralih menggunakan kendaraan listrik.

“Dengan kampanye kendaraan listrik dan standardisasi, kami berharap, kegiatan EVSE dapat membantu menepis sebagian anggapan masyarakat bahwa kendaraan listrik tidak aman,”ujar Zul.

BSN sendiri telah menetapkan 38 SNI terkait kendaraan listrik. Kebijakan BSN selanjutnya adalah bagaimana bisa mendorong lembaga penilaian kesesuaian baik lembaga sertifikasi maupun pengujian serta industri kendaraan listrik menerapkan SNI.

Dalam konteks ini, lanjut Zul, yang diharapkan bukan hanya dari sisi elektrifikasinya saja. Namun produk komponen kendaraan seperti ban, velg kendaraan, kaca mobil dan sebagainya juga diharapkan bisa ber-SNI.

Dengan ber-SNI, produk semakin terjamin kualitas dan keamanannya. SNI akan membuat masyarakat semakin percaya dan merasa aman untuk menggunakan kendaraan listrik.

EVSE tahun ini diselenggarakan bekerjasama dengan PT Fery Agung Corindotama (Feraco). EVSE dilaksanakan beriringan dengan kegiatan Government Procurement Forum and Expo yang juga dilaksanakan oleh PT. Feraco. Dua kegiatan yang dilaksanakan beriringan, diharapkan akan semakin menambah gebyar pelaksanaan dari EVSE.

Direktur Utama PT. Feraco M.Ruslim menjelaskan, EVSE 2023 akan diikuti peserta pameran diantaranya PT. PLN (Persero) Pusat Sertifikasi/Pusertif, PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng dan DIY, TÜV NORD Indonesia, PT SGMW Sales Indonesia (Wuling), PT. INES, Davigo, PT. Triangle Motorindo (VIAR), Alva Auto, Hyundai, U Wind Fly, dan UGM.

“Semoga EVSE bisa memberikan informasi lebih komprehensif tentang kendaraan listrik dan perkembangan standardisasinya di Indonesia,” harap Ruslim.

 

Jakarta, 11 Juli 2023

Kontak Narahubung:

Pranata Humas Ahli Madya BSN

Denny Wahyudhi

Email: denny@bsn.go.id




­