Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Enam Pelajar Indonesia Berangkat ke Korsel, Mereka akan Berkompetisi di Bidang Ini

  • Jumat, 18 Agustus 2023
  • Humas BSN
  • 1468 kali

International Standards Olympiad atau Olimpiade Standar Internasional ke-18 akan digelar pada 21-23 Agustus 2023 di Ansan, Korea Selatan (Korsel). Indonesia mengirim dua tim pelajar ke olimpiade ini.

Pertama, tim dari MAN Insan Cendekia Gorontalo (Tim LEE_P). Kedua, tim dari SMA Jubilee Jakarta (Tim Realists). Kedua tim merupakan juara 1 dan 2 Kompetisi Standardisasi Nasional (KSN) Tingkat SMA/SMK Tahun 2023. KSN diselenggarakan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) pada Mei-Juli 2023.

Tim dari MAN Insan Cendekia Gorontalo (Tim LEE_P) terdiri dari Marha Rifani Fayza Bahsuan, Nabilah Zulaeka Putri Darmawangsah, dan Tiara Myreen Alilatulbariza Husain. Sefangkan tim dari SMA Jubilee Jakarta (Tim Realists) terdiri dari Amanda Dansingani, Nerissha Arviana, dan Muhammad Yazid Razaki.

Jumat (18/8/2023), kedua tim bertolak ke Korea Selatan. Tim dilepas oleh Sekretaris Utama BSN, Donny Purnomo, didampingi Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian BSN, Arini Widyastuti, di Gedung 2 BSN, Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan.

“BSN telah melakukan pembinaan secara intensif terhadap tim dengan memberikan materi-materi penerapan standar yang akan dipertandingkan dalam ajang Olimpiade Standar Internasional ke-18,” ujar Donny. Donny berharap tim dapat meneruskan tradisi Indonesia sebagai juara di Olimpiade Standar Internasional tersebut.

Olimpiade Standar Internasional adalah satu-satunya kompetisi standardisasi di dunia yang diselenggarakan oleh Korean Agency for Technology and Standards (KATS) bekerja sama dengan Korean Standards Assosiation (KSA) sejak tahun 2006. Tujuannya untuk menumbuhkan talenta-talenta masa depan di bidang standardisasi.

BSN mengadopsi Olimpiade Standar Internasional dengan menyelenggarakan Kompetisi Standardisasi Nasional untuk siswa/i tingkat SMA/SMK sejak 2015. Pada KSN 2023, BSN mengangkat tema “Standardisasi Teknologi Virtual Reality/Augmented Reality berbasis Artificial Intelligence untuk Autonomous Electric Vehicles”.

Tema ini mencakup standardisasi mengenai inovasi pengembangan Virtual Reality/Augmented Reality yang saat ini mulai dikembangkan di dunia. Dengan basis Artificial Intelligence diharapkan teknologi saat ini mampu berinteraksi lebih baik dengan manusia sehingga memudahkan beraktifitas. KSN merupakan ajang untuk membangun generasi muda yang berdaya saing dan berjiwa kompetitif terkait standardisasi.

 

Ma Roejan

 

Sumber: https://oohya.republika.co.id/posts/232641/enam-pelajar-indonesia-berangkat-ke-korsel-mereka-akan-berkompetisi-di-bidang-ini

 

Tautan berita terkait:

  1. https://www.infopublik.id/kategori/nasional-sosial-budaya/770663/pelajar-indonesia-siap-bertanding-di-ajang-olimpiade-standar-internasional
  2. https://www.topbusiness.id/80145/indonesia-siap-bertanding-di-ajang-olimpiade-standar-internasional.html
  3. https://technology-indonesia.com/teknologi-a-z/umum/pelajar-indonesia-siap-bertanding-di-ajang-olimpiade-standar-internasional/
  4. https://menara62.com/dua-tim-pelajar-indonesia-siap-bertanding-pada-olimpiade-standar-internasional-ke-18-di-korsel/
  5. https://www.besttangsel.com/pelajar-indonesia-siap-bertanding-di-ajang-olimpiade-standar-internasional/
  6. https://aktualbisnis.com/2023/08/18/pelajar-indonesia-siap-bertanding-di-ajang-olimpiade-standar-internasional/
  7. https://www.tinemu.com/temu-pande/3179866404/pelajar-indonesia-siap-bertanding-pada-olimpiade-standar-internasional-di-korsel
  8. https://mediakawasan.co.id/39172/pelajar-indonesia-siap-bertanding-di-ajang-olimpiade-standar-internasional/
  9. https://possore.id/pelajar-indonesia-bertanding-di-ajang-olimpiade-standar-internasional/

 

 




­