Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN berpartisipasi dalam Eurachem PT 2023

  • Jumat, 06 Oktober 2023
  • Humas BSN
  • 1339 kali

Kedeputian Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Badan Standardisasi Nasional (BSN) mewakili Indonesia berpartisipasi dalam Kegiatan 10th Eurachem Workshop on Proficiency Testing in Analytical Chemistry, Microbiology and Laboratory Medicine (Eurachem PT) 2023 di Windsor, Inggris pada 25 – 28 September 2023. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Eurachem, bekerja sama dengan Cooperation on International Traceability in Analytical Chemistry (CITAC) dan European Organisation For External Quality Assurance Providers in Laboratory Medicine (EQALM).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 194 peserta dari 45 negara, termasuk dua orang perwakilan dari SNSU-BSN yaitu Kepala Laboratorium SNSU Kimia, Dyah Styarini dan Koordinator Program Uji Profisiensi SNSU Kimia, Christine Elishian. Kehadiran perwakilan SNSU-BSN pada Eurachem PT 2023 merupakan salah satu bentuk implementasi kerjasama “Strengthening Quality Infrastructure Services for Environmental and Climate Monitoring in Indonesia” dengan Physikalisch-Technische Bundesanstalt (PTB) Jerman.

Rangkaian kegiatan Eurachem PT 2023 mencakup pelatihan, ceramah dari para ahli, presentasi oral, sesi poster, dan diskusi kelompok kerja. Pada hari pertama, perwakilan SNSU-BSN berkesempatan mengikuti pelatihan Basic Statistics, Further Statistics, PT Scheme Design dan Ensuring the Quality of Proficiency Test Items. Kemudian pada hari kedua hingga keempat, bergabung dalam kelompok diskusi (Revision of ISO/IEC 17043; Guidance on different method for setting the Standard Deviation for Proficiency Assessment; serta Comparisons of Synthetic vs Real PT Items) dan berpartisipasi pada sesi poster. Perwakilan SNSU-BSN menyajikan dua buah poster tentang hasil penyelenggaraan kegiatan layanan Uji Profisiensi pada Laboratorium SNSU Kimia.

Rangkaian kegiatan Eurachem PT 2023 ini menarik banyak peserta dari seluruh dunia baik dari Penyelenggara Uji Profisiensi, Akademisi, Badan Akreditasi maupun peserta Uji Profisiensi, sehingga memberikan kesempatan yang sangat baik bagi penyelenggara skema UP/ External Quality Assessment (EQA), dan pengguna akhir UP/EQA (laboratorium, badan akreditasi, regulator, dan pelanggan laboratorium) untuk berkumpul dan berbagi pandangan tentang implementasi ISO/IEC 17043 versi terbaru dan praktik pelaksanaan Uji Profisiensi saat ini dan masa depan.(snsu/red:ria-humas)

 

Galeri Foto: SNSU BSN berpartisipasi dalam Eurachem PT 2023

 




­