Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Apresiasi PT Angkasa Pura I Bandar Udara Sepinggan Balikpapan Terapkan Standar

  • Selasa, 14 November 2023
  • Humas BSN
  • 2513 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) mendorong pelaku usaha menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Salah satu pelaku usaha jasa yang menerapkan standar jasa adalah PT Angkasa Pura I Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Kepala BSN, Kukuh S Achmad dalam kunjungannya ke PT Angkasa Pura I Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan bersama Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi, Zul Amri pada Kamis (9/11/2023) menyampaikan apresiasinya kepada PT Angkasa Pura I yang telah menerapkan standar.

Menurut Kukuh, penerapan SNI pada sektor jasa seperti pada pengelolaan terutama pada angkutan udara sangatlah penting. Karena, risiko keamanan dan keselamatan untuk angkutan jasa penumpang cukup tinggi.

Untuk meminimalkan risiko yang ada, PGS (pejabat pengganti sementara) General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Imam Musholin saat menerima kunjungan mengungkapkan pihaknya telah menerapkan standar sistem manajemen.

Standar sistem manajemen tersebut antara lain ISO 45001 : 2018 Sistem Manajemen Kesehatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dan ISO 9001 : 2015 Sistem Manajemen Mutu.

“Tidak hanya itu, kami juga menerapkan 10 SNI di Bandar Udara. Diantaranya, SNI 03-7047-2004 Terminal Kargo Bandar Udara; SNI 03-7097-2005 Marka dan Rambu pada Daerah Pergerakan Pesawat Udara di Bandar Udara; SNI 03-7046-2004 Terminal Penumpang Bandar Udara; serta SNI 03-7094-2005 Rambu-Rambu di Terminal Bandar Udara,” tutur Imam.

Dengan menerapkan standar sistem manajemen dan SNI terutama terkait penanganan di Bandar Udara diharapkan dapat memberikan rasa keamanan, keselamatan, kenyamanan, serta meningkatkan kepercayaan penumpang.

Selain Imam, rombongan BSN diterima oleh Airport Safety, Risk and Performance Management Senior Manager AP I, Bagus Yuliono; dan Quality Risk and Performance Management Manager AP I, Arrie Febiano. (nda-humas)

 

Dokumentasi Foto: BSN Apresiasi PT Angkasa Pura I Bandar Udara Sepinggan Balikpapan Terapkan Standar




­