Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Fasilitator Ekspor, Standardisasi Maksimalkan Potensi UMKM BNI Xpora Kian Go Global

  • Jumat, 15 Desember 2023
  • Humas BSN
  • 3231 kali

Sebagai upaya meningkatkan kapabilitas UMKM di Indonesia untuk semakin berdaya saing di pasar dunia, Badan Standardisasi Nasional (BSN) mendukung berbagai program dari Stakeholder, termasuk PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk melalui BNI Xpora, dengan penerapan Standardisasi.

Hasil dari upaya tersebut, sukses diwujudkan melalui Seminar Tips and Trick UMKM Go Global yang diselenggarakan oleh BNI Xpora, pada Rabu-Kamis (13-14 Desember 2023) di Denpasar, Bali.

Acara yang dihadiri oleh UMKM pengekspor dari wilayah Denpasar ini, sangat diapresiasi oleh Regional Business, Transaction & Digital Development Department Head BNI, Bayu Pramana, dimana UMKM Binaan BNI Xpora dengan produk kopi hingga kerajinan tangan berkesempatan untuk mendapatkan akses pasar yang lebih luas melalui penerapan Standardisasi.

“Kerja sama yang baik ini dapat terus ditingkatkan seperti Workshop Tips and Trick UMKM Go Global, dimana UMKM dapat mengetahui lebih lanjut berkenaan dengan penerapan Standar apa saja yang diperlukan untuk semakin go global,” tutur Bayu Pramana.

Berbicara mengenai kolaborasi, kegiatan fasilitasi ekspansi pasar produk UMKM Indonesia ke negara mitra melalui penerapan Standardisasi, merupakan bentuk nyata semakin diterimanya produk UMKM Indonesia di pasar mancanegara.

“Standar Nasional Indonesia (SNI) diterapkan agar produk-produk yang dihasilkan, termasuk UMKM bermutu tinggi sekaligus dapat menekan biaya produksi. Sehingga daya saingnya meningkat serta berkesempatan untuk meraih pasar yang lebih luas,” ungkap Perwakilan BSN, Dian Kemala.

Acara yang berlangsung secara interaktif ini, dihadiri oleh 30 UMKM Binaan BNI Xpora yang sangat antusias untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penerapan Standardisasi bagi produk-produk yang dihasilkan. (PjA – Humas)

 

Galeri Foto: Fasilitator Ekspor, Standardisasi Maksimalkan Potensi UMKM BNI Xpora Kian Go Global




­