Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kesepakatan Bidang SPK Dalam Kerangka Kerja Sama Perdagangan IEUCEPA

  • Senin, 04 Maret 2024
  • Humas BSN
  • 2261 kali

Indonesia dan Uni Eropa kembali melanjutkan perundingan dalam kerangka Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEUCEPA) Putaran ke – 17 yang berlangsung secara hybrid pada tanggal 26 Februari-1 Maret 2024 di Bandung, Jawa Barat.

Badan Standardisasi Nasional (BSN) turut hadir serta memimpin Delegasi Indonesia untuk perundingan Chapter Technical Barriers to Trade (TBT) yang berlangsung tanggal 27-28 Februari 2024 guna memperjuangkan kepentingan Indonesia di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK).

Dalam Putaran ke-17 kali ini, Indonesia dan Uni Eropa berhasil mencapai kesepakatan secara substansi untuk Chapter TBT yang menandakan terselesaikannya perundingan bidang SPK dalam kerangka IEUCEPA.

Chapter TBT mencakup isu utama bidang SPK antara lain adalah standar, regulasi teknis, penilaian kesesuaian termasuk didalamnya kesepakatan tentang mekanisme keberterimaan melalui deklarasi pemasok, transparansi, label, dan kerjasama pengawasan pasar.

Kesepakatan secara keseluruhan di bidang SPK ini diharapkan dapat memfasilitasi perdagangan antara Indonesia dan Uni Eropa dan berdampak pada peningkatan perekonomian, termasuk mendorong pengembangan UMKM Indonesia.

Dalam perundingan yang berlangsung secara konstruktif ini, kedua belah Pihak berusaha keras untuk menjembatani perbedaan yang ada guna mencari titik temu yang menguntungkan kedua belah Pihak.

Dalam kesempatan tersebut, Delegasi Indonesia dipimpin oleh Direktur Sistem Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Konny Sagala yang didampingi oleh Perwakilan dari BSN, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, serta Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Sementara itu, Delegasi Uni Eropa dipimpin oleh Tomas Kuchtik dari The Directorate General for Trade of the European Commission (DG Trade) didampingi oleh perwakilan dari the European Commission’s Directorate for the Internal Market, Industry, Entrepreneurship and SMEs (DG Grow).  (PjA – Humas)

 

Galeri Foto: Kesepakatan Bidang SPK dalam Kerangka Kerja Sama Perdagangan IEU-CEPA

 




­