Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Peningkatan Perjanjian Perdagangan ATIGA bidang SPK, Upaya Antisipasi Dinamika Perdagangan Global

  • Kamis, 07 Maret 2024
  • Humas BSN
  • 2012 kali

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan ASEAN Trade Negotiating Committee (TNC) yang telah dilaksanakan tanggal 23 - 25 Januari 2024 di Singapura, Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama Badan Standardisasi Negara Anggota ASEAN melaksanakan pertemuan ke-6 yang membahas Chapter Standards, Technical, Regulations, and Conformity Assessment Procedures (STRACAP) tanggal 5-6 Maret 2024 secara hybrid bertempat di Gedung ASEAN Secretariat, Jakarta. 

Pertemuan ini membuktikan komitmen Negara Anggota ASEAN dalam upaya lebih untuk meningkatkan lagi kerja sama perdagangan di Kawasan ASEAN melalui Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) sebagai instrumen fasilitasi perdagangan.

Dalam pertemuan, dilaksanakan pembahasan lanjutan materi dari sidang sebelumnya dan memfokuskan diri pada isu tentang keselarasan prosedur notifikasi terkait peredaran produk-produk yang tidak aman untuk dikonsumsi di Kawasan ASEAN.

Berbicara mengenai pengawasan peredaran produk, inisiasi ide pengawasan yang dituangkan dalam artikel Post Market Surveillance ini merupakan penguatan terhadap mekanisme yang telah diimplementasikan oleh ASEAN Committee on Consumer Protection (ACCP) yang khusus ditujukan untuk mendukung implementasi Mutual Recognition Arrangement (MRA) sektoral dan keselarasan regulasi.

Selain itu, pertemuan juga bersepakat untuk melakukan review terhadap seluruh perjanjian perdagangan (FTA/CEPA) dengan negara mitra yang sudah disepakati (ASEAN+1) untuk membandingkan keseluruhan komitmen yang telah diberikan pada fora tersebut sehingga Upgrading ATIGA-STRACAP Chapter ini menjadi konsisten dan diharapkan dapat sejalan dan selaras dengan komitmen yang telah diberikan di fora tersebut.

Sebagai respons terhadap perkembangan ilmu dan teknologi yang ikut menentukan dinamika perdagangan dunia, Negara-negara Anggota ASEAN juga mempertimbangkan untuk memasukkan artikel terkait digitalisasi di bidang SPK yang saat ini implementasinya sudah berkembang dengan pesat dan disadari sangat mendukung efisiensi kelancaran arus perdagangan di Kawasan ASEAN.

Secara umum pada putaran ke-6 ini, 9 dari total 16 artikel telah berhasil dicapai kesepakatan atau lebih dari setengah dari keseluruhan Chapter yang menandakan bahwa perundingan bidang SPK menunjukkan kemajuan yang cukup signifikan.

Delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Analis Standardisasi Ahli Muda BSN, Rois Ricaro ini turut berpartisipasi aktif dalam keseluruhan perundingan dengan memberikan masukan dan pandangan konstruktif pada artikel-artikel yang dirundingkan untuk merefleksikan kepentingan nasional dalam rangka membantu tercapainya kesepakatan yang menguntungkan semua pihak.

Sementara itu, Negara-negara anggota ASEAN bersepakat untuk melanjutkan perundingan pada bulan Juni 2024 mendatang dan bersemangat untuk menyelesaikan negosiasi Chapter STRACAP tahun 2024 ini. (SPSPK & PjA – Humas)

 

Galeri Foto: Peningkatan Perjanjian Perdagangan ATIGA bidang SPK, Upaya Antisipasi Dinamika Perdagangan Global 




­